• Pendidikan

    CONTOH KONTRAK BELAJAR

    Dalam kegiatan belajar mengajr bukan hanya kerja sama antara pendidik dan peserta didik saja yang menjadi poin penting. Sarana dan prasarana yang memadai dan mendukung pun ikut memberikan peranan dalam keberhasilan belajar siswa. Peraturan sekolah yang dibuat secara sepihak kadang-kadang menciptakan pemberontakan kecil pada diri siswa. Seandainya semua aturan sekolah berasal dari kesepakatan Guru dan Siswa mungkin saja akan ada cerita yang berbeda. Masing ingat dengan kontrak belajar? Kontrak belajar ialah salah satu aturan yang diciptakan sendiri atas dasar kesepakatan. Tentunya antara pihak pendidik dan pihak yang dididik. Siswa dilibatkan langsung ketika proses pembuatan kontrak belajr berlangsung. Berikut contoh kontrak belajar yang saya buat dengan siswa MAN 2 Madiun ketika…

  • Uncategorized

    10 Alasan Kenapa Cowok Gak Siap Nikah

    Sebagai perempuan pernah ngerasain gak enaknya nunggu keputusan yang pasti ga dari tambatan hati? Kadang-kadang pas ditanyain siap atau enggak nikah tuh cowok muteeeeeeeer aja kek kincir angin. Mending ada daya listrik yang dihasilkan kan bermanfaat. Tapi, kalo dari muternya tuh cowok cuma ngasilin ketidakjelasan bikin sebel kan? Kenapa ya cowok ga siap nikah? Padahal nikah itu kan seru heheheh (pengalaman neh). Ada berapa alesan sih kepa cowok itu takut banget diajakin nikah. Aku coba tanya-tanya ke Suamiku soal alasan-alasan itu (sama aja kan Suamiku cowok juga hehehe). Kayak gini nih hasilnya. Ada 10 faktor kenapa cowok ga siap nikah, bisa nambah lo…heheh diantaranya: 1. Tingkat kemapanan. Hal pertama yang…

  • Pendidikan

    HYMNE GURU YANG TERLUPAKAN

    Masih ingat dengan lagu ini? Terpujilah wahai Engkau Ibu Bapak Guru Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku Semua baktimu akan ku ukir di dalam hatiku Sebagai prasasti terimakasihku tuk pengabdianmu,… Dulu, waktu masih dibangku SD, SMP, terakhir SMA lagu ini masih sering kita nyanyikan pada hari-hari tertentu. Terutama peringatan hari guru nasional, acara lain ya,..waktu perpisahan kelas tiga sebagai pengiring puisi yang dipersembahkan untuk Guru tercinta. Kalau sekedar bernyanyi semua siswa pasti bisa, tapi memahami dan menghayati setiap arti lirik lagu tersebut belum tentu. Lihat saja pada lirik namumu akan selalu hidup dlam sanubariku,…benarkah demikian? Baca cerita berikut ini…Somat sedang berkencan dengan pacar barunya yang ia dapat di SMA ketika…

  • Pendidikan

    Tunagrahita Tidak Selalu Idiot

    Pendidikan ialah salah satu hal penting bagi manusia. Betuk pendidikan bisa secara akademik atau non akademik. Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia tercinta ini. Mulai dari Program Wajar (wajib belajar) Sembilan Tahun sampai Wajar Dua Belas Tahun. Pembagian beasiswa dalam dan luar negeri pun termasuk dalam salah satu program pemerintah. Adanya UU tentang pendidikan memberikan garis tebal bahwa pendidikan harus dilaksanakan secara merata dan tanpa pengecualian. Sekolah negeri, sekolah swasta, bahkan sekolah luar biasa (SLB) menjadi tempat formal untuk mendapatkan pendidikan.Berbicara tentang SLB, tidak akan lepas dari keberadaan anak luar biasa (ABK). ABK ialah anak yang memiliki grafik perkembangan yang berbeda dari anak normal. Grafik…