Guru Naksir Murid

“Yah,..namanya juga jodoh, disyukuri saja”. Pernah dengar kalimat ini terucap dari orang tua kita ? Memang benar, yang namanya jodoh, pati, dan rizki itu sudah ada yang mengatur. Tak perduli siapa dan bagaimana, kalau jodoh ndak bakal kemana.

Kalau guru yang masih bujang ketemu jodohnya di sekolah dan seprofesi saya rasa ndak ada masalah. kalau terbalik, guru yang naksir muridnya ? Masalah akan jadi masalah kalau kita menjadikan itu masalah. Kalau tidak tentunya akan baik-baik saja.Banyak kok Guru yang nikah dengan muridnya sendiri.

Ketika seorang guru naksir muridnya adalah hal yang wajar. Manusia diciptakan dengan rasa saling asih. Kalau hal ini terjadi kepada Anda (yang berprofesi sebagai guru dan masih lajang) saran saya,

  • Pastikan perasan Anda tidak terdeteksi oleh biang gosip. Mengapa demikian mencegah adanya berita yang bukan-bukan.
  • Jangan membaurkan perasaan Anda dengan kegiatan akademik, apalagi yang berhubungan dengan nilai.
  • Pastikan siswa yang Anda taksir tahu tentang perasaan Anda.
  • Silaturahmi ke rumah murid Anda, Pelan tapi pasti utarakan perasaan Anda kepada orang tua murid.
  • Kalau si murid masih jauh dari kelulusan, sabar menunggu ya Bang,…
  • Bersikaplah profesional ketika di sekolah, kalau bisa kurangi pergi berduaan. Apelnya di rumah saja. (ini kalau udah disepakati sama ortu).

Guru juga manusia kan, jatuh cinta itu indah. Semangat !

32 Comments

  1. Guru juga manusia kan, jatuh cinta itu indah. Semangat !
    Ya jelas, kalau jatuh cinta itu semangat. Yang penting antara guru dan muridnya sadar diri akan perannya masing-masing (guru-pendidik, murid-yang memerlukan pendidikan). Kepada guru yang masih bujangan mohon bedakan antara cinta-nafsu (tergiur kemolekan daun muda sehingga samar yang mana nafsu yang mana cinta atau sekedar nafsu untuk bercinta), jangan terjebak cinta lokasi. Masa guru segampang itu jatuh cinta? Meragukan!

  2. Saran Anda yang ketiga: “Pastikan siswa yang Anda taksir tahu tentang perasaan Anda”.
    Saya mau menanyakan, apakah hal itu baik untuk dilakukan? Andai kata bila target Anda menolak, maka hancur sudah harapannya. Andai kata bila target Anda membuka hati, maka cepat atau lambat pasti akan beredar gosipnya.
    Atau mungkin Anda bisa jelaskan lebih detail lagi bagaimana pelaksaanan dari saran Anda yg ketiga itu. tQ!

  3. @Malio

    Menurut saya pantas saja,..kalau memang tak bersambut ya risiko naksir seseorang, kalau bersambut ya alhamdulillah 🙂 Kalau cuma gossip kenapa musti takut katakan cinta.

    Sekarang sudah canggih bukan, ada SMS, FB atau lewat perantara kek jaman baheula,…silahkan pilih yang mana mau yang pribadi ya SMS n FB,..mau yang sedikit terbuka ya comblang 🙂

  4. aduh bu.gmn kl siswa ngomong langsung kl naksir kita didepan teman temanny. aneh ny sy kok jd malu dengerny..sy hrs bersikap bgmn.

  5. waktu aku sekolah smk ada guru english baru masuk pas aku masuk kelas 10 tahun 2009/2010. cantik sih tapi cuma kagum doang ga sampe suka. nyadar diri aja hehehe. pas kelas 11 kelasku diajarin sama guru itu, anak cowok di kelasku pada semangat ngeliatinnya (kata temen2ku itung2 cuci mata). eh pas habis lulus dia nembak aku. bingung aku jadinya. bedanya 10 tahun sama aku. ada yang bisa kasih saran gimana baiknya?

  6. Walah…
    Saya jg ngalamin itu.
    Tpi poin yang mw saya tanya, apa tidak terlalu beresiko utk menyampaikan perasaan kita pada siswa?
    Apalagi jika kita jg mengajar ϑî kelas siswi ♈αηƍ bersangkutan.

    Tpi sebenarny menurut kaum timur, wajar nggak sih guru pacaran sm muridny?

  7. Kalau dilihat dari kacamata sosial, hal itu salah.. Ya karena banyak yang beranggapan seorang guru seharusnya mendidik bukan malah jatuh cinta sama muridnya..
    Itu penilaian masyarakat…
    Tapi sejujurnya saya rasa gak salah kok.. Asal jalannya benar..
    Mo gimana lagi kalau cinta..
    Selama kalau sang muridnya tetap pokus pada pendidikannya.. Si guru cukup bilang sayang aja.. Dan tungguin sampai si murid lulus dan matang untuk dijadiin pasangan.. Saya yakin si orang tua malah ngerti kok.. Cinta adalah penantian..
    Yah mirip2 Jacob sama renesmee lah.. Hahaha

  8. Kalo aku merasakan hal itu pada si cantik kelas IX. Tapi dipendam saja. Soalnya aku sudah punya isteri. Rasanya pahit dan getir kalo lihat dia..

  9. kalo kasusku beda lagi, oke, gue murid rajin yang sekarang kelas X akselerasi di sekolah unggulan di daerah Tuban, Jatim. ada seorang guru cewek ngajar sejarah yang gue lihat mempunyai tingkah yang aneh tiap ngajar kelas gue yang berisi 11 ekor. Ummmmm. . . . pokoknya aneh, tiap aku lihat wajahnya dia selalu dalam keadaan menatap dengan dalam kedua mataku, terus kalo gue langsung buang muka ke papan tulis dia malah kayak mesem2 gitu. Apalagi pas dia ajukan pertanyaan dan gue jawab dengan benar dia malah natap gue dengan muka agak mesum. nggak cantik kayak bidadari sih, tapi wajahnya putih bersih dan proporsional+enak dipandang(dah kategori cantik ya?). umurnya mungkin >25 tingginya 155. pertama dikit gigu sih, tapi makin hari makin jadi. sekarang hari sabut adalah hari kesukaan gue karena dia ngajar dikelas. gimanah nih?

  10. lagi ngerasain nih, udah hampir setahun dipendem terus sama guru pkn. herannya dia gak ada gantengnya, terlalu gaul, jadi terkesan kurang berwibawa, suka modusin murid cewek, dan masih banyak lagi alesan apa yang bahkan gue gak tau sampe saat ini kenapa bisa sebegini ‘sayangnya’ -_- padahal bisa dibilang hampir tiap hari makan hati sama dia, murid cewek pada suka manja2 gitu. gue bukan termasuk orang yang deket, berhubung dia juga supel jadi menurut gue masih banyak para murid wanita yang jauh lebih deket dengan dia. au ah

  11. Dia seorg siswi kelas IX, sejak dari dia kelas VIII, kami saling suka. Bahkan dia tdk berusaha mcari cowok yg seumur dgnnya. Ortu sy sdh mengetahui hal itu.
    Kepada ortunya dia juga sdh katakan jika dia menyukai saya. Saya pun sdh berkali kerumah ortunya. Namun karena kuatir dgn “budaya kita”, sy blm brani bicara ke ortunya. Sampai ketika ortu sy menyarankan sy agar “berfikirlah” utk menikah dgn yg se-umuran, hal itu sy sampaikan pdnya. Dia KECEWA dan sering sy melihatnya menangis di sekolah. Sebentar lagi UN, sy takut dia “kacau” dan tak siap UN. Mohon sarannya rekan2..

  12. Dia seorang guru SMK sya,,sya sngt syank bgt..umurnya pun lumayan jauh dri sya,,dia lahir tahun 1988 sdangkan sya 1996..pantas atau gak pantas sya ttp cinta dia…n skarang sya sdh lulus skolah SMK,Jarang ktemu dy,,cman bsa INBOX d fb,,n kni sya tlah mlanjutkan k jenjang UT.SAMARINDA.n Sya berkerja d Slah stu RS. d samarinda…sya cman tkut pak guru pindah k lain hati

  13. aku juga ngerasain, jatuh cinta sama guru. umur kami beda 8 tahun kalo gak salah. pertama kenal dia sih, di kelas 10, ga terlalu spesial, waktu itu kesan aku biasa aja padahal dia wali kelas aku. tapi aku pernah ketauan menangis sama dia, soalnya dia liatin banyak banget tisu yg aku pake di meja aku. aku dihibur sama dia, tapi blm ada rasa sama sekali. malah sukanya baru baru ini, pas kls 12, aku udah suka sama dia. malahan jatuh cinta kayaknya, tingkah aku selama pelajaran dia juga aneh. gak terlalu cakep sih, tapi baik dan perhatian banget sama akuu. blm nikah juga. kadang aku suka ga sengaja liat dia, daripada salting ya saling becanda aja. tapi aku tetap harus memperharikan kesopanan ketika bertemu dia 🙁
    temen” aku ada yg setuju ada yang enggak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *