Tukang Parkir Itu Si Tunagrahita

July8

Akhirnya nulis lagi di blog kesayangan. semenjak ada masalah sama hosting blog saya hilang begitu saja. Tulisan yang ada juga belum bisa kembali. Tidak Ada salahnya mencoba lagi. Nulis, nulis, nulis !!!!

Tulisan saya yang hilang banyak membahas tentang Tunagrahita. Saya kembali membahas Tunagrahita karena pengalaman saya beberapa minggu kemarin.

Dua minggu lalu, saya pulang ke rumah Mama. Kebetulan susu Qays habis. Uang di dompet tinggal Rp.20.000,00 saja. Akhirnya dari stasiun kereta api Mojokerto saya mampir dulu di ATM terdekat yang kebetulan berada di dalam lingkungan hotel. Ketika saya sampai di ATM antrian sudah panjang. Saya deretan terakhir. Selama menunggu saya tertarik pada tukang parkir hotel yang sedang memberi aba-aba pada salah satu supir.

Karena sedikit lupa dan takut salah orang saya memutuskan untuk tidak menyapa. Namun, tiba-tiba saja tukang parkir itu mengucapkan Salam kepada saya. “selamat siang Bu…ini Ari”. Sapa dia agak kurang jelas.

Ari adalah salah satu anak penyandang cacat Tunagrahita dengan cacat ganda Tunarungu. Saya kenal Ari Dari salah satu SLB di Mojokerto. Dua tahun lalu saya mengambil data untuk skripsi Dari SLB tersebut.

Saya berbincang lama dengan Ari. Kebetulan Ari sudah dapat jam istirahat. Saya lebih banyak mendengarkan ceritanya. Ternyata setelah lulus dari SMALB ia memutuskan untuk bekerja.

Dia melamar di banyak tempat dengan profesi yang dia anggap bisa. Tuhan pasti memberikan jalan pada siapa saja yang mau berusaha. Ari pun mendapatkan pekerjaan sebagai tukang parkir.

Ari menutup ceritanya dengan sebuah berita yang jauh membuat saya senang. Dua bulan lagi dia Akan menikah. Pertemuan dengan Ari membuka pemikiran saya. Lagi dan lagi, bahwa serial orang berhak untuk sama. Baik dalam mendapatkan pekerjaan, bahkan asmara.

posted under Anak Luar Biasa
12 Comments to

“Tukang Parkir Itu Si Tunagrahita”

  1. Avatar April 10th, 2011 at 7:21 am yulink Says:

    wah… hebat ya…


  2. Avatar April 26th, 2011 at 10:39 am lala Says:

    @Yulink
    sip,…bahkan dia udah punya anak lo sekarang 🙂


  3. Avatar January 18th, 2012 at 6:52 am yusdi Says:

    Assalamualaikum Ibu Lara,

    Ibu, saya ingin bertanya banyak tentang profil si Ari ini.
    Kalau boleh kontak saya via email ya bu kalau tidak keberatan.

    Terima kasih sebelumnya

    Regards


  4. Avatar January 20th, 2012 at 10:18 am lala Says:

    @Yusdi
    waalaikumsalam,…
    maaf,…boleh tahu ndak kepentingannya apa? 🙂
    saya menghormati Ari lebih dari sekedar mantan murid 🙂


  5. Avatar January 31st, 2012 at 9:33 am yusdi Says:

    Untuk kepentingan riset bu lala.
    Lebih tepatnya untuk keperluan pengembangan program tv.
    kl boleh komunikasi via email saja bu.

    Terima kasih sebelumnya atas responnya


  6. Avatar February 13th, 2012 at 11:21 am yanwar Says:

    Wow, tulisan yang menggugah hati…

    Ijin nyimak. 🙂


  7. Avatar April 26th, 2012 at 12:47 pm hari yn Says:

    asslamu’alaikum. menarik y bu, mereka memang anak2 luar biasa yan sebenarnya. melihat mereka membuat kita semakin bersyukur dan bersabar. sya jg memiliki anak les yg (mungkin) tunagrahita. cuma karena keterbatasan saya berhubungan langsung dengan mereka, membuat saya kurang mengerti pendidikan yg tepat untuk mereka. manun setelah beberapa googling, bc2 artikel, sdkit banyak bisa memahami. di bog sy itu ada cerita untuk anak les saya itu, PANDU namanya. terimakasih bu Ari, assalamu’alaikum


  8. Avatar April 27th, 2012 at 1:44 pm neyha Says:

    maaf…
    saya juga pngen n tertarik untuk mempelajari sekolah SLB. saya juga sedang ambil skripsi, saya jg pengen seperti ibu mengambil data untuk skripsi….
    kira2 boleh ndak ya?dan ijin nya ibu lala dulu gmn?


  9. Avatar May 7th, 2012 at 7:53 am lala Says:

    @Neyha

    maaf baru bales…boleh silahkan
    via FB aja ya lara asih mulya


  10. Avatar April 27th, 2012 at 1:47 pm neyha Says:

    maaf… sangat menunggu balasan secepatnya….


  11. Avatar April 27th, 2012 at 2:15 pm neyha Says:

    boleh mintak nmr yg bs dhbngi?


  12. Avatar June 24th, 2013 at 7:16 am yohanes kuncoro wibawanto Says:

    dahulu diriku pernah sekolah di umum maupun normal akan tetapi riwayat hidup tanpa lulus anulir di ypac jln.kiayi ahmad dalan no4 kabupaten semarang.kemudian pindah ke slb genuk krajan rt01-rw02 ungaran barat.pindah lagi ke langensari rt01-rw01 tohjoyo kalimas muslim pulaumas no9 ungaran timur.rmh di jln.arjuna 1no10 mapagan ungaran barat.kode area;50511.paman juga senasip sepenangungan.om setiadi jln.solo mulardi kantor polisi jeberes kelaian tunarungu wicara bhs isarat keponakan inisial nicname ykw anonim.bpk dan ibu jln politeknic undip patung pangeran di ponogoro tembalang.riwayat hidup.


Email will not be published

Website example

Your Comment: