Anak Bunda Nangis ? Sampai Guling-guling ? Baca Tips Mengatasinya Yuk !

October24

qays nangis di pelukan tante alma 2Ekspresi dan tindakan orang tua tentu saja berbeda-beda ketika mendapati anaknya menangis. Apa lagi jika menangis di sertai joget khas hihi. Maksud saya, seperti berguling-guling di lantai, melempar sepatu atau sendal. Bahkan melepas baju. Tentu saja kebanyakan orang tua merasa malu akan hal tersebut. Siapa yang salah ? Anak kita ? atau cara kita ?

Beberapa alasan anak menangis adalah

  • Menginginkan sesuatu, dan harus segera dipenuhi.
  • Merasa sedih dan gelisah.
  • Merasakan sakit secara fisik.
  • Mengalami rasa takut. Dan lain sebagainya.

Alasan tersebut adalah alasan umum yang sering terjadi pada anak-anak. Beberapa tips dalam mengatasi anak menangis saya dapat kan, dari Umi Fadilla, Owner Little Camel School. Ketika saya coba di rumah, walaaah ampuh Bun :). Tak jarang kita sebagai orang tua menemukan perubahan ekspresi yang cepat pada anak. Misalnya, ketika mereka tak sabar mengantri, kemudian merajuk dan ingin segera mendapatkan apa yang diinginkan, seketika berubah menjadi senyum dan tawa karena rasa senang. Meskipun ketika senyum dan tertawa masih menyisakan air mata di pipinya.

 

  • Menangis karena menginginkan sesuatu, dan harus segera dipenuhi. “Anak ini tuh bikin malu Yah,…lain kali Bunda ga mau ajak dia belanja lagi, kayak ga pernah dibelikan mainan aja. Tuh,..guling-guling tadi di lantai swalayan, lempar-lempar sendal pula!”. Bunda pernah berkata demikian kepada suami ? Memang sedikit susah mengajak anak-anak belanja. Selain harus bawa uang ekstra, kesabarannya juga harus ekstra. Perjanjian adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasi kejadian semacam ini. ” Kakak, bunda mau belanja, hanya beli kebutuhan sehari-hari, kakak di rumah saja bagaimana ?”. Jika kakak mau ditinggal, beruntunglah kita hehe. kalau ternyata tidak coba cara ini, “Baik, kakak boleh ikut, tapi bunda tidak ada anggaran untuk beli mainan dan apapun yang bukan menjadi kebutuhan sehari-hari !”. Jika kakak  menyetujui perjanjian tersebut, lanjut ya Bun.

 

  • Merasa Sedih dan Gelisah. Kata orang tua saya, kalau anak rewel ndak jelas kenapanya, biasanya ada yang sedang dirasakan. Perihal orang terdekatnya, misalnya Ayah. Tangisan karena sedih dan gelisah ini kadang sebagai pertanda terjadi sesuatu hal pada orang-orang terdekatnya. Jika kakak mengalami hal ini, coba peluk atau pangku kakak. Tanyakan kepadanya, mengapa kakak menangis terus ? apakah kakak sakit ? kakak kangen Ayah ?. jika kakak mengangguk sebagai jawaban “iya kangen ayah, atau iya sedang memikirkan ayah”. Yang perlu dilakukan adalah memberikan pengertian, tentang dimana posisi ayah saat ini. Mengapa ayah jauh dari kita semua. Apa yang dilakukan ayah. Dan ajaklah kakak untuk mendoakan ayah. Tekankan pula pada kakak bahwa ayah dilindungi Allah, karena kakak sudah mendoakannya. Jika dengan pengrtian itu kakak sudah merasa tenang, alihkan pada kegiatan lainnya ya bun 🙂

 

  • Merasakan sakit secara fisik. Pernah mendapati kakak jatuh ya bunda ? luka nya tidak seberapa, tapi tangisannya lamaaaa banget. Ketika kakak jatuh usakan bunda menahan teriakan yang makin membuat kakak terkejut dan menganggap bahwa sakitnya itu sangat parah. Ketika tangisan ini terjadi bunda bisa gunakan tips dari umi Dilla. “Kakak jatuh, mana yang sakit?”. Ketika kakak menunjuk bagian yang sakit, “ooh lututnya luka ya nak, sakitnya boleh Bunda Ambil?”. Ketika kakak mengijinkan lakukan gerakan dimana bunda seolah-oleh mengambil rasa sakit dengan tenaga dalam hihi. “Bismillahirrahmanirrahim,….ini sakitnya sudah di pegang bunda, yuk dibuang yuk, kemana nak buangnya ?”. Dengan spontan kakak akan berhenti menangis dan memilih tempat untuk membuang rasa sakit dari lututnya itu. Saya pribadi sudah mencoba cara ini setiap kali anak saya yang kedua menangis karena kesakitan. Dan hasilnya ampuh 🙂

Tips yangn terakhir bisa diterapkan kepada anak yang mengalami ketakutan hebat (seperti pobia). Ketika kakak merasakan ketakutan terhadap kucing (pobia kucing). Dan ketika melihat atau bersentuhan dengan kucing kakak akan menangis. Tetap tenangkan kakak dengan pelukkan. Ciptakan sebuah pemikiran, bahwa tidak ada yang perlu ditakuti dari seekor kucing.

Menangis adalah salah satu ekspresi yang sering dikeluarkan oleh anak-anak.  Ketika menginginkan sesuatu, tidak terlaksana akhirnya menangis menjadi salah satu kode untuk memaksa. Namun, menangis tidak selalu menjadi simbol negatif untuk meminta sesuatu.

Monggo dicoba ya Bunda, semoga bisa meredam tangisan kakak :).

 

 

posted under Umum | No Comments »

Kaki Anda Bau ? Cobain Yuk 10 Tips Menghilangkannya ^_^

October9

Berbicara tentang kaki, alangkah bahagianya memiliki kaki yang sempurna dan sehat. Sepatu dan sandal yang beragam di pasaran begitu memanjakan kaki-kaki kita. Selain melindungi, alas kaki memberikan kesan indah dan sedap dipandang. Banyak juga yang memperindah kaki dengan cat kuku, beragam warna yang bisa dipadupadankan dengan busana, akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri ketika melangkah. Berasa cantik begitu ^_^

Pernah kejadian ndak ? perempuan cantik dengan dandanan yang adu hai, pas lepas sepatu atau kaos kaki ternyata mengeluarkan aroma yang khas. Wiiiih bau kaki. Atau sebaliknya, laki-laki ganteng, pakai setelan kemeja, berdasi, sepatunya kece, begitu mau wudhu, bau kakinya kemana-mana. Aduuuuuh bikin males kan ? ya pasti lah !. Apalagi, kebanyakan yang memiliki masalah ini tidak merasa sebagai sumber masalah. Iya kan ?

kaki

Sebenarnya, masalah ini sepele, namun jadi serius karena berhasil mengganggu orang-orang di sekitar kita. Karena sudah jadi masalah, yuk cari solusinya. Sebelumnya, cari tahu penyebabnya dulu ya ^_^.

Masalah bau kaki disebabkan oleh dua faktor yakni Bromhidrosis dan Hiperhidrosis. Kelompok bakteri yanng ada di dalam tubuh disebut Bromhidrosis. Sedangkan produksi keringat yang berlebih adalah hiperhidrosis. Kedua maslah ini sangat berpengaruh pada pola hidup kita. Pola hidup bersih tentu akan meminimalisir masalah bau kaki. Namun sebaliknya, jika kita termasuk yang kurang memperhatikan kebersihan, jangan salahkan sepatunya ya kalau punya bau kaki.

Ada beberapa solusi untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau kaki, mau coba ? monggo ^_^

1. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tidak ada salahnya kok sering-sering mencuci kaki dan alas kaki kita. Yang suka menggunakan kaos kaki seperti saya, sebaiknya mengganti kaos kaki setiap hari ya. Beli selusin lebih murah lo hehe. Hindari menggunakan kaos kaki yang sama untuk beberapa hari. Walaupun kelihatannya kaos kaki kita masih bersih, kita tidak akan tau berapa banyak bakteri dan keringat yang sudah di serap dan menempel di kaos kaki kan ? Sebaiknya jangan pelit kaos kaki ya ^_^. Perhatikan kebersihan sandal atau sepatu kita. Minimal sering di jemur dibawah terik matahari.

2. Gunakan sabun anti bakteri ketika mencuci kaki. Dipsaran sudah banyak kan aneka sabun bakteri yang direkomendasikan. Saran saya beli sabun antibakterinya yang kemasan cair ya, supaya mudah dibawa kemana-mana. Dan bisa siap digunakan tanpa repot. Misalnya, ketika mampir sholat di masjid, sebelum berwudhu kita bisa mencuci kaki kita menggunakan sabun antibakteri tersebut. Kemudian bilas dengan air bersih hingga benar-benar bebas dari sisa sabun.

3. Setelah mencuci kaki. Pastikan kaki kita dalam keadaan kering sebelum menggunakan kaos kaki dan alas kaki kembali. Selalu sediakan handuk kecil ya ketika bepergian ^_^. Karena kaki yang basah akan membuat kaos kaki kita basah juga, dari kaos kaki yang basah tersebut akan memicu tercampurnya bakteri dengan keringat. Sehingga menimbulkan bau tak sedap. Dengan kata lain, selalu jaga kekeringan kaki kita dan hindari menggunakan kaos kaki yang tidak kering.

4. Merendam kaki dalam air hangat yang diberi sedikit garam atau perasan jeruk lemon. Cara ini cukup sederhana, hanya perlu dilakukan 2-3 hari sekali sebelum istirahat malam. Selain membuat kaki kita rileks, cara ini bisa menjaga kelembaban kaki.

5. Menghilangkan bau kaki dengan kopi. Aroma kopi dapat menyerap bau dengan sempurna. Bahkan bau-bauan yang sangat menyengat sekali pun. Baluri kaki dengan bubuk kopi setiap malam, setelah beraktifitas. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika mau, bisa gunakan lulur beraroma kopi yang ada dipasaran. Simpan lulur di lemari es, sensasi dinginnya akan membuat kita nyaman lo ^_^.

6. Selain kopi dan rendaman air lemon dan garam. Teh bisa membantu kita menghilangkan bau kaki lo. Caranya hampir sama dengan menggunakan air lemon.

7. Gunakan Deodorant dan bedak. Selain berfungsi menghilangkan bau badan. Deodorant dan bedak bisa menghilangkan bau kaki. Untuk deodorant cukup oleskan disekitar telak kaki saja. Kemudian angin-anginkan supaya kering. Untuk bedak bisa di taburkan secara merata kesemua bagian kaki. Pastikan kaki dalam keadaan kering ya.

8. Selalu memotong kuku secara teratur. Kuku kaki yang panjang akan memudahkan kotoran dan debu masuk ke sela kanan kiri kuku kaki. JIka kotoran hitam itu menumpuk dan bercampur bakteri bisa menimbulkan luka dan menimbulkan bau ta sedap.

9. Pergi ke SPA dan lakukan perawatan khusus kaki. Ini cara yang cukup memakan waktu dan uang hehe. Karena itu lakukan 2 minggu sekali aja ya. Tentunya para terapis lebih paham kondisi kaki dan kulit kita. Sehingga bisa menggunakan obat-obatan yang tepat.

10. Terapi ikan gararufa. Sudah pernah lihat pastinya, Aksi ikan kecil-kecil dengan jumlah banyak yang doyan banget makan sel kulit mati pada kaki kita. Di mall-mal sudah banyak ya, 15 menit cukup bayar 15 ribu saja. Tidak ada salah nya lo mencoba terapi yang satu ini. pembersihan sel kulit mati akan membuat kulit kaki kita lebih sehat. Kalau sehat jelas ndak bau kaki kan ^_^

 

Bau kaki adalah hal yang serius. Bagi anda yang tidak memiliki bau kaki, tetap jaga kebersihan dan kesehatan kaki ya. Jangan lupa alas kakinya juga. Bagi anda yang sedang mengalami masalah ini, yuk di coba salah satu tips nya ^_^ semoga cepat teratasi ya. Krisis pede itu ndak enak lo. ^_^ tetap semangat yaaaaaa !!!.

posted under Umum | No Comments »

Mau Liburan? Baca Review Lara Tentang Pacet Mini Park Mojokerto

October5

Berlibur,…satu kata yang dapat mewakili kita semua untuk melepas penat, bermalas-malsan, bersuka cita, dan mencoba tempat-tempat baru. Ada sebagian orang, memilih berlibur di akhir pekan (sabu-minggu). Mereka lebih menyukai kondisi ramai. Ada juga sebagian orang yang memilih berlibur pada hari kerja. Tentunya dengan alasan sebaliknya, tidak begitu nyaman dengan suasana ramai. Saya termasuk yang kedua. Lebih senang berlibur di hari kerja. Maklumlah, suami kerjanya bisa di rumah, saya pun tidak bekerja di luar. Biasanya hari yang kami pilih adalah jumat atau sabtu pagi.

Bosan dengan keramaain kota. Wahana game koin, dan pusat perbelanjaan. Saya dan keluarga mencoba tempat baru. Tempat yang sdikit menanjak. Yuk, naik-naik ke puncak gunung :). Suami saya sangat suka dengan alam pegunungan, keduaa anak saya sangat suka main air (berenang), dan saya tentu saja suka sekalli belanja, apalagi klo banyak diskonnya :).

Menyamakan semua kesukaan yang berbeda itu tentu tidak mudah. Tapi adanya “PACET MINI PARK” cukup mewakili semua keinginan kami.

DSC_0294[1]

 

 

 

 

 

PACET MINI PARK. Lokasinya terletak di jalan Randegan Pacet. Suasana pegunungan yang memberikan rasa sejuk. Memberikan kesan nyaman untuk berlama-lama di lokasi tersebut. Gambar di sebelah adalah gambar pintu masuk pacet mini park. Ikon mereka adalah patung dinosaurus yang diletakkkan tepat diatas pintu gerbang. Setelah masuk, pemandangan yang kami dapat adalah parkir mobil yang cukup luas. Karcis nya seharga 3000 rupiah. Ndak usah bingung cari loket ya ^_^. Loket pembelian karcis masih berada di dalam. Ikuti saja rambu-rambunya. Selama perjalanan menuju loket masuk. Kami melewati semacam restoran yang mengusung konsep lesahan.

DSC_0288[1]

DSC_0293[1]

 

 

 

 

 

 

 

Ini dia loket nya, yang jaga cantik, ramah pula :). Kalau mau ikut paketan bayarnya 20 ribu rupiah. Gambar kanan itu restoran (lesehan) yang kami maksud di awal. lokasinya sebelum loket. Semacam warung apung. Sembari nunggu makanan siap, bisa lihat-lihat ikan yang berada tepat dibawah kita :).

Di dalam pacet mini park ini banyak sekali wahana bermain yang cocok untuk anak-anak, rmaja dan dewasa. Taman bermain yang dilengkapi dengan bentuk-bentuk lucu semakin menarik perhatian anak-anak. Misalnya mainan prusutan yang dikemas dalam bentuk ular. Patung jerapah, hingga kolam renang yang bersih dan aman untuk anak-anak.

Anak-anak dapat menikmati permainan BUMBER CAR yakni mobil dari karet yang dijalankan diatas kolam berukuran sedang. Kemudian dilanjutkan dengan Menaiki ATV, wiih berasa jadi pembalap lo :).

 

 

DSC_0282[1]DSC_0228[1]

DSC_0244[1]

 

DSC_0287

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Air kolam renang untuk anak, sangat bersih kalau menurut saya. Selain itu, bau kaporit hampir tidak ada. Anak saya yang 5 tahun sudah bisa menggunakan kolam medium. karena tidak terlalu dalam. Untuk adeknya (2 tahun) ada kolam renang yang memang hanya setinggi mata kaki. Jadi tetap aman, tentunya tetap dalam pengawasan kita sebagai orang tua.

Saran saya, kalau mau ke pacet mini park paling tepat itu pagi (09.00) sudah buka kok. Karena kalau agak siang mulai banyak yang berdatangan. Terutama robongan anak-anak sekolah. Pacet Mini Park sangat menjaga kebersihan. jangan khawatir bunda, toiletnya banyak banget. Dijamin ndak bakal antri sampek nahan pipis, kecuali pas rame banget lo :^_^. Tempat sholat juga banyak, tidak hanya di luar, tetapi di dalam area pun ada beberapa.

Buat ayah dan bunda, yang mau meremajakan kaki nya. cobain ya terapi ikan gararufa nya. 8000 rupiah untuk 15 menit. Dijamin kaki nya langsung mulus hehe terutama yang punya tumit pecah-pecah wajib ya :^_^. Rasanya memang geli banget. Apalagi diawal-awal. Saran saya dahulukan tumit dulu, baru masukkan kaki secara keseluruhan. Yang punya luka, hati-hati ya. Sevaiknya ditutup dulu pakai plester, kata mas penjaganya sih takutnya makin parah lukanya kalau di ikhlaskan ke si ikan hihi. Plester luka dll nya sudah disediakan disana kok. Tuh om Virman aja suka terapi gararufa nya, lanjutkan om ^_^ !!!

DSC_0260[1]

 

 

 

 

 

 

 

Emmm apa lagi ya yang belum dibahas. oh iya, yang masih pacaran tidak saya rekomendasikan pacaran ya apalagi datang kesini hihi. Why? karenaa dijamin 100% bakal salah tingkah, malu, rikuh dan ndak betah. Anak kecilnya pada berisik. Pacet mini park ini hanya cocok untuk yang sudah berkeluarga. Yang pengantin baru, bawa ponakannya aja, itung-itung buat pancingan, ok !

Tujuan terakhir adalah makan dan belanja. Kalau makan kami tidak di dalam restoran pacet mini park. Kami ada pilihan sendiri, tempatnya seru juga. Kapan-kapan ya di review. belanja oleh-oleh nya ndak usah jauh-jauh. Di depan gerbang banyak kok yang jualan. Kebanyakan menjual hasil pegunungan, seperti peteui alias pete. Ada juga umbi-umbian (telo madu), buah-buahan, sampai makanan olahannya seperti kripik. Karena yang dijual serba murah, belanjanya di rem ya bunda jangan sampek ngeblong hehe.

 

DSC_0295[1]

 

 

 

 

 

 

 

kira-kira seperti itu ya bunda dan ayah. Jalan-jalan kita ke pacet mini park nya. Karena air kolamnya cukup dingin dan udaranya juga dingin. Selalu sediakan obat-obatan untuk mengusir masuk angin, perut kembung dll ya. Kalau kebiasaan saya pasti meminta anak saya meminum sirup anti masuk angin khusus anak. Supaya mereka tetap aman meskipun berlama-lama di dalam air. Satu lagi bunda, selalu sedia air minum hangat ya. Selamat liburaaaaaan !!! :^_^

 

 

 

 

 

 

posted under Umum | No Comments »

Ucapan Idul Adha (Versi Pantun)

October4

Hari raya Idul Adha tentu sangat berbeda dengan Hari raya Idul Fitri. Mulai dari cara takbir yang berbeda hingga yang menangis juga berbeda. Kalau idul Fitri yang nangis pasti manusianya, menyesali dosa dan kesalahan. Kalau Lebaran kali ini yang nangis kebanyakan si embek dan si Emmmoooo alias sapi. Kenapa ? karena mereka harus merelakan nyawa dan raganya untuk kebahagian manusia. Mulia sekali ya 🙂

 

Yuk bikin ucapan Idul Adha, kali ini versi pantun ya 🙂

ucapan idul adha

 

 

 

 

 

Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Jutaan Rupiah Untuk Preschool / TK. Berlebihan ?

October4

Qays Imam SholatSebelumnya saya sudah menulis tentang Little Camel Islamic International School Mojokerto. Mulai dari nilai plus dan minusnya dan Model Seragamnya. Kali ini yang akan saya bahas adalah hasil pembelajaran di sekolah tersebut. Khususnya pada pembelajaran sholat. Dari awal saya dan suami berharap, kakak lebih menguasai materi keagamaannya. Bukan berarti yang lainnya tidak penting. Namun, pada kenyataannya mengajarkan anak tentang agama lebih susah dibandingkan yang lainnya. Contoh nyata, banyak murid saya, yang masuk dalam rangking 10 besar di sekolah. Menangis karena putus asa menghafal doa sholat. Terutama pada bacaan tahiyat akhir. Ketika saya tanya mengapa bisa demikian ? jawaban mereka semua sama, “saya ndak pernah sholat bu”.

Pengalaman ini memberikan pelajaran yang sangat berharga. ketika menjemput kakak, karena hanya sebatas gerbang sekolah. Untuk mengusir rasa jenuh dan panas, sesama wali member saling berbincang. Saya lebih suka menjadi pendengar, kalau ditanya ya baru jawab :). Banyak wali member yang mengeluhkan, kok anak saya belum bisa baca ya ? kok anak saya belum bisa berhitung ya ? kok anak saya nulisnya masih terbalik dll. Dalam hati, kenapa ndak ada yang bahas ini ya ? kok anak saya belum hafal doa sholat ya ?

Bukannya sok agamis, tapi bagi saya dan suami pendidikan agama jauh lebih penting :). Ini tahun ke-2 kakak bersekolah di Little Camel Mojokerto. Sebutan kerennya sih Kindy-B hihi, umumnya dalah kelas TK- Nol Besar. Haduh sebesar apa ya nol nya ^_^. Tahun pertama kami sanngat puas dengan hasil raport kakak. Walaupun dalam pembelajaran bahasa inggris kakak belum begitu menonjol. Mungkin karena kakak memang tidak tertarik dengan bahasa asing tersebut. Kecuali soundtrack nya Ryokendo hihi (itu tuh tokoh super hero yang paling ganteng katanya). Ah,..kami tak khawatir akan masalah ini, suatu saat ketika kakak butuh untuk bisa menggunakan bahasa asing, pasti kakak akan mempelajarinya.

kembali pada pelajaran sholat tadi ya. Awalnya saya tidak percaya, ketika pulang sekolah. kakak selalu bercerita, “bunda, aku tadi jadi imam.” Hal yang membuat saya tidak percaya adalah, ketika saya tanya kakak belajar apa hari ini sama Abi ? jawabnya pasti, “ndak tau, lupa”. ok, gpp. Ketika ada ksempatan saya tanyakan langsung kepada Abi di sekolah. Tenyata apa yang dikatakan kakak semua benar.

Dalam waktu 3 bulan kakak sudah bisa menghafal bacaan sholat. Yang paling mengejutkan, kakak juga hafal doa sholat dhuha. Aduuuuuh jadi malu sendiri. Bukan hanya itu, kakak bisa menghafal beberapa hadist, dan 77 asmaul husna. Subhanallah,…kalau kami sendiri yang mendidik dan mengajarkan itu semua. Jujur saja kami tidak mampu.

Entah metode apa yang Abi dan Umi ajarkan. kami pun tak dapat mengawasi proses pembelajarannya secara langsung, tapi kami mendapatkan hasil yang luar biasa. Menurut kami, salah besar kalau membayar mahal itu rugi, apalagi jenjang TK. Justru pondasi awal haruslah dibangun dengan sebaik-baiknya. Selama sesuai dengan mutu, uang bisa dicari lah bun :^_^ Insyaallah !!!.

 

posted under Pendidikan | No Comments »

Alternatif Kata Jangan untuk Anak

October3
http://nopindra.wordpress.com/2013/03/18/jangan-takut-bilang-jangan/

http://nopindra.wordpress.com/2013/03/18/jangan-takut-bilang-jangan/

Bunda dan ayah sering menggunakan kata JANGAN ? ooh sering!. kalau begitu yuk diubah kebiasaaan kita memberikan kata jangan kepada kakak. :). Pengalaman saya mendidik  anak pertama salah satunya adalah menggunakan kata “jangan” dalam melarang suatu kegiatan yang seharusnya tidak boleh dilakukan oleh kakak. Saya pikir hal tersebut bukan masalah besar. Apalagi sampai menurunkann tingkat kepercayaan diri kakak. Bercermin dari kebiasaan tersebut, anak saya yang kedua jauh lebih percaya diri dan berani. Mengapa demikian, karena kami mulai mengubah kata Jangan dengan beberapa alternatif kalimat. Tentunya dengan satu maksud namun beda penyampaian.

Kayak pengobatan aja sih bun,…pakai kata alternatif segala hehe. Nyatanya terlalu menggunakan kata janngan menimbulkan penyakit pada psikis anak. Ragu dalam melangkah!.Berikut beberapa contoh kalimat alternatif yang bisa digunakan untuk meminimalisir kata ” jangan”! Read the rest of this entry »

posted under Pendidikan | No Comments »