Ketika Lala Kecil Malas ke Sekolah. Ada Pelajaran Luar Biasa dari Mama.

November12

Menjelang 100 hari Mama. Rasa kangen yang luar biasa tak terbendung. Masih belum percaya bahwa mama sudah tidak berada di alam dunia. Rasa yang tak terbendung ini membuat ingatan masa lalu mencuat dengan sendiri nya. Membuka album-album kenangan bersama mama. Mengingatkan lala pada masa kecil yang begitu indah nya. Mama adalah perempuan yang paling simpel pemikirannya, yang pernah lala  kenal.lebaran

Pagi itu, lala memang malas sekali ke sekolah. Ada perasaan, “Ah, di sekolah  hari ini ndak ada yang penting, gitu-gitu aja”. Bangun tidur pun tak seperti biasanya. Tanpa buru-buru dan tanpa rasa takut akan terlambat. “Mbak,…kamu ndak sekolah ta ? kok masih santai”. Tanya mama dari dapur. Ya,…mama selalu memanggil lala dengan sebutan “mbak”. Kata mama supaya adek-adek ndak “njambal atau ngoko”. Kalau memanggil lala.

Lala masih belum menyahut. Tapi matannya sudah terbuka, dan sadar. “mama marah ga ya kalo lala bilang ga mau sekolah hari ini”. Dalam pikirannya lala terus memikirkan hal itu. Karena lala lama tidak menyahut, mama mendekati lala. “Hei,…mbak sakit ?”. Sembari memengang kening lala. “Enggak sih ma,…lala malas ke sekolah hari ini ma, boleh kah kalau lala bolos ? janji hari ini aja kok ma?”.  Mama menghujani lala dengan banyak pertanyaa, “Mbak ada masalah sama teman ? atau sama guru ?”.  Lala tetap menjawab dengan jawaban yang sama, “enggak ma, lala males aja ke sekolah, bosan”.

Akhir nya mama yakin juga kalau lala memang sedang malas ke sekolah. “Mbak, ga boleh main-main ke luar ya, di rumah aja, bantuin mama beberes”. Tanpa protes lala melakukan apa yang di perintah kan mama. Sekitar jam 11 siang mama mengajak lala ke Pasar. “mbak,..mau ikut mama ke pasar ? tapi ndak boleh mengeluh ya, panas lo di pasar itu”. Tanpa ragu lala menjawab iya. Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Ketika Minuman Tumpah, Piring Pecah Saat Family Time.. Laa Taghdob ^_^

November11

12170767_10208263574096678_1616917096_n“Siang itu, di sebuah restoran siap saji. Masih di daerah Sidoarjo. Anak laki-laki sekitar usia 3,5 tahun. Sedari masuk memang sudah sangat senang dan tidak mau diam. Mungkin itu cara dia mengekpresikan segala rasa positif yang sedang ada dalam dirinya. Semua lengkap, ada Ayah dan Bundanya. Anak laki-laki itu cukup aktif. Bertanya tanpa henti, “Bun, ini apa ? Yah dapat mainan ndak”, dan banyak sekali pertanyaan lainnya yang sayang sekali hanya dapat respon, “SSSSttttt adek jangan berisik”. Maklum ayah dan bundanya sedang repot dengan HP masing-masing. Seketika itu si anak diam, dan beralih ke gerakan memegang semua benda yang ada di sekitarnya. Mulai dari tempat sedotan. Tempat saus, tempat cuci tangan, sampai kursi yang bentuknya hanya bulat saja. Dan lagi-lagi dapat respon, “Adek,…jangan,  nanti rusak, sini!”.

Hingga akhirnya, gerakan aktif si Adek tidak sengaja menumpahkan minuman dan menjatuhkan piring. Seketika itu cubitan kecil di lengan Adek mendarat dari Bunda nya yang marah, “ Bunda bilang apa tadi ? mangkannya adek diam !!! tumpah kan semuanya, bikin malu aja !!!”. Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Pengalaman Menggunakan Cadar di Luar Rumah, Monggo di Coba ^_^

November10

 

imagesBeberapa kali ketika keluar rumahtanpa suami, ada saja kejadian yang membuat saya sebel dan marah. “Masih ada yang salah ta ? Ini hijab masih kurang panjang apa ya?”. Saya tahu betul, mereka melakukan nya dengan sengaja. Kenal juga ndak, kenapa bilang nya seperti itu ya ? Bilang apa sih ? kayak gini lo….!!!!

“Assalamualaikum,….”. Pas di jawab “Waalaikumsalam”. Pada ketawa  ngakak sambil sesumbar, “tuh di jawab, wong aku kok dilawan”. Maksudnya ???

Kali ini waktu naik kereta api ke Sidoarjo. Memang sepi sih. Hanya ada beberapa orang saja dalam satu gerbong. Maklum, jam kantor memang begitu. Ketika bapak itu pindah tempat mendekati tempat duduk saya. Tidak ada pikiran aneh-aneh. Lah kok diluar dugaaan. “Mau kemana mbak? Kok sendiri?”. “Sidoarjo pak”. Jawab ku biasa. “Mbak, itu tahi lalat nya bikin manis ya, sudah ada yang punya?”.  Gubraaaak, ini kali ya yang namanya tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Jadi ga rasional maksud nya. Wes lah ndak banyak bicara. Pindah aja ke gerbong lain.

Tetangga depan rumah punya semacam toserba gitu deh. Karyawannya baru, masih muda-muda. Pas butuh banget beli air mineral. Ya wes lah beli di situ aja. Keburu butuh soalnya. Lah kok pas beli dia bilang, “Mbak, pinjam tahi lalat nya ya, biar kopi saya manis”. Loh loh loh anak baru kok begitu amat ya ??? semenjak itu saya males banget beli di toko itu, walaupun lima langkah dari rumah.

Dari pada godain ibu-ibu anak dua, mending cari yang lebih kekinian kan. Dari beberapa kejadian ini, terbersit keinginan untuk menutup semua celah yang membuat mereka berkata demikian. Ya,..muka saya harus di tutup. Curhat kepada salah seorang teman, kemudian ia menawarkan cadarnya kepada saya. “Coba saja dulu, rasakan bedanya, pas pake sama enggak. Untuk awal-awal dipake kalo pas sendirian aja keluar rumah nya”.

Ide nya boleh juga nih. Oke, kali ini tujuannya tetap ke sidoarjo dan menumpang kereta Jenggala. “Hemmmm gini to rasanya, Alhamdulillah”. Guman saya dalam hati. Dari mulai masuk gerbang stasiun, antri tiket, di dalam kereta, dan sampai tujuan, Alhamdulillah Aman ^_^.  Ga ada lagi tuh yang bilang, “mbak, andeng-andeng ndukur lambe sopo seng nduwe”. Feel free !!!!sara-bokker-3

Pas pakai cadar di luar rumah dengan kondisi sendirian, rasanya itu :

AMAN DAN NYAMAN. Gimana ndak aman, dari atas kepala sampai kaki semua di tutup. Bahkan ada yang berbisik, “Teroris ta iku”. Hadeeeh. Jika tidak ada yang mengganggu semua perjalanan dari mulai berangkat hingga pulang lagi terasa sangat nyaman. Meskipun duduk sendirian, ga ada tuh yang deketin.

Selain aman dan nyaman. Dibalik wajah yang tertutup itu saya bisa DAPAT BANYAK IDE DAN CERITA. Melihat sekeliling dengan leluasa. Saya tahu orang menatap saya dengan pandangan aneh, bahkan takut. Ah,..tak masalah, perlu adaptasi aja mungkin.

Semenjak itu, keyika kelluar rumah sendiri tanpa suami atau mahram. Harus siap dengan cadar nya. Jika terlupa, harus segera beli masker medis yang lebih mudah di dapatkan dimana saja. Yang penting selama perjalanan terlindungi. Yang punya pengalaman seperti saya, monggo di coba cara ini. Memang cadar bukan hal yang wajib bagi perempuan muslim. Dan saya pun belum istiqomah dalam menggunakannya. Namun, tidak dapat dipungkiri, memakai cadar jauh lebih baik dibandingkan tanpa cadar.

posted under Umum | No Comments »

Jadi yang Kedua Itu Bikin Bahagia !!! Beneran ???

November10

mengampuni-selingkuhan-ubTak kumpulin list lagu nya dulu ya,…

By Astrid judulnya Jadikan Aku yang Kedua : “Jika, dia cintaimu melebihi cintaku padamu. Aku pasti rela untuk melapasmu. Walau ku tahu ku kan terluka. jikalau semua berbeda, kau bukan lah orang yang kupuja. Tetapi hatiku telah memilihmu. Walau kau tak mungkin tinggalkannya.  Jadikan aku yang kedua,…buat lah diriku bahagia. Walaupun kau tak kan pernah kumiliki selamanya.”

By Dewi Dewi judulnya begitu salah begitu benar : “Aku bahagia dengar kata cintamu. Tapi aku sedih menerima kenyataan. Bahwa tak hanya diriku yang menjadi milikmu. Bahwa tak hanya diriku yang menemani tidurmu. Bahwa tak hanya diriku yang slalu ada di hatimu selamanya.”.

Dua lagu ini cukup sepertinya. Pertama lagunya Mbak Astrid. Menceritakan betapa bahagianya menjadi yang kedua. Selingkuhan kali ya bahasa kasarnya haha. Padahal sudah sadar banget kalau si cowok ga bakal dimiliki untuk selamannya. Dan tidak mungkin meninggalkan pasangannya yang sekarang. Berarti si cowok ga cinta cinta banget kan ? tapi kenapa masih mau ya ? tetap menjalin hubungan yang realitanya hanya semu semata ???

Lagu yang kedua, tiga cewek sekaligus. Baru tahu kalau cowoknya punya banyak pasangan setelah dia meninggal. Cewek-cewek disini tidak memungkiri bahwa kasih sayang dari si cowok bikin mereka bahagia. Nah, kalau sudah ngomongin realitanya adalah bukan jadi perempuan satu-satunya ??? sepertinya sih menceritakan tentang poligami yang sembunyi-sembunyi. nyesek juga to ? masih kekeh bilang jadi yang kesekian itu bahagia ? Sok atuh baca lagi !!! Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Jadi Istri Proggammer Itu Tidak Enak !!! Tapi Ada solusinya !!!

November5

Ada yang sedang dekat dengan Programmer ? atau baru menjalani hidup dengan programmer ? coba dibaca sebentar ya. Siapa tahu bisa membantu memantapkan hati hehe.

Tidak pernah bercita-cita bahwa saya akan dinikahi oleh seorang programmer. Yang menurut saya serba kacau. Waktu itu sih begitu. Janji ketemu jam 9 pagi baru nongol jam 9 malem. Hadeeeeh. Mending dengan stelan yang cucok,..lah ini pake celana pendek, kaos oblong, sendal jepit. Ya wes,…tak suruh pulang lagi, lagian udah malem Bang,….wkwkw. kenapa saya bilang kacau. karena kebanyakan programmer tidak pernah tau kapan matahari terbit dan terbenam. Tau nya ya kode kode kode. emang nya perasaan cewe bisa di kode ?

10857784_1501147070166611_4224125344905838698_n Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Lima Hal ini Membuat Saya Berkata “Enak” Jadi Pegawai !!!

October29

 

Setelah pementasan Teater,...Kelas Bahasa MAN 2 Madiun.

Setelah pementasan Teater,…Kelas Bahasa MAN 2 Madiun.

Mengingat kehidupan beberapa tahun silam. Rasanya campur aduk, kadang menggebu-gebu penuh semangat, kadang sedih, sampai akhirnya merasa bosan dan penat.  Perasaan ini ada ketika saya masih menjadi pegawai. Hemmmm ada yang pernah dengan tegas berkata kepada saya, “kamu kan sudah tak bilangin, jadi pegawai itu ga enak, percaya to,..resign juga akhirnya”. Ah,..saya mah ga mau nulis tentang orang itu. “Megel ne Ati” kalo kata orang jawa. Bikin Bete terus.

Oke sodara-sodara, saya tulis yang asik-asik aja ya. Kembali pada kenangan dimana saya punya atasan. Beliau selalu siap dengan teguran, delegasi tugas, hingga target yang terkadang kurang masuk di akal. Tapi bisa sih dilampaui. Sebelum jam 7 pagi sudah harus di sekolah, pulang paling cepat ya hari jumat hehe. Kok bisa ya bertahan sampai bertahun-tahun ?

Setelah resign, sering merindukan hal-hal yang tidak saya dapatkan di sekolah. Suasana kantor yang heboh. Curahan hati murid-murid yang sedang galau.  Suasana kelas yang berantakan. Maaf ya Bapak/ibu saya kalau ngajar pasti “berantakan”. Hingga bercerita dengan ibu dan bapak penjaga kantin. Guru juga bisa dikategorikan pegawai kan  ? ^_^ ya iya lah wong ada yang gaji hehe.

Ini lo yang saya kangenin dari menjadi pegawai : Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Tidak Ada Suami yang Takut Istri !!! Oke Bebeeeeeeeb ^_^

October29

24suami-suami-takut-istri-ini-beberapa-penyebab-dan-dampaknyaIni Adegannya, istri menarik kuping suami sambil ngomel-ngomel ndak jelas. Dan suami hanya diam sembari bilang, “maap bebeeeeb”. Sudah tau ya yang saya maksud siapa ?

Kang komar,…kang komar,…Preman kok takut sama perempuan. Eits beneran takut atau gimana ya ? Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

“Me Time” itu Enak nya Gini Lo Bun….!!! Jangan Dicoba Ya…!!!

October25

“Me time” istilah keren untuk ritual meluangkan waktu sendiri dan bersifat khusus bagi para Bunda. Kapan sih butuh “me time” ? Kapan pun bunda merasakan jenuh yang luar biasa, capek, lelah, dan penat. “Me time” kan egois….!!! Benerana ta ????

“Me time” bukan lah hal yang egois bun. “Me time” sangat dibutuhkan untuk obunda kembali segar dan bugar. Inget ya…ngurusin rumah tangga itu ndak ringan lo. Apalagi kalau bunda nya juga bekerja. “Me time” sangat butuh dukungan para Ayah. Kalau ndak ada ijin dan uang saku, ga bisa jalan ya bun hehehe.

“Thank you very much to my beloved husband”. Selalu paham kapan saya butuh sendiri dengan “me time” saya. Muah muah pokok nya.

sebelum nulis ini sempat tanya sama teman-teman. “Me time” nya ngapain aja sih ??? Seru banget ternyata ^_^. Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Dampak Positif Games Digital,…Ada kah ???

October22

“Bunda sudah berkali-kali bilang sama kakak. Bunda tidak suka kalau kakak main game sampai malam. Besok kakak harus bangun pagi. Dan bunda sudah minta pengertian kakak berkali-kali.” Ini ocehan saya tiap malam kepada kakak. Beneran lo bun. Kakak kalau sudah pegang gadget hadeeeeeh. Pusing saya. Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Lima Alasan Kenapa Ibu Rumah Tangga Butuh Komunitas !!!

October20

 

Nama saya Lara Asih Mulya, Teman-teman lebih akrab memanggil saya dengan sebutan Lala. Beberapa orang memanggil dengan sebutan Lara. Dan saya ibu rumah tangga dari dua anak dan satu suami haha.

12167209_10208263532615641_415663560_n

Jangan salah,..keseharian saya sibuk pake banget. Rasanya memang sepele dan jauh dari kata keren. Tapi saya bangga,…setiap berangkat sekolah anak-anak membawa bekal yang saya buat dengan tangan saya sendiri. Dengan seragam yang rapi dan wangi. karena kata kakak Qays kalau wangi teman-teman suka. ^_^

kalau saya kerja di luar kayae ndak ada waktu bikin beginian hehe

kalau saya kerja di luar kayae ndak ada waktu bikin beginian hehe

Kalau ada pertanyaan pengen ndak kerja di luar lagi ??? walah ya jelas pengen lah bun,…sepatu-sepatu saya Cuma nangkring di rak sepatu.mau di hadiahkan ke orang kok ya sayang banget. Ada historinya. Tiap kali deketin rak buku,..lah buku-buku saya kok ya nganggur gini ya. Dan yang paling dikangenin adalah, noda hitam di tangan kanan karena kena spidol papan tulis hihi.

ini tempat mengajar yang paling saya suka. Ga kudu di dalam kelas  ^_^

ini tempat mengajar yang paling saya suka. Ga kudu di dalam kelas ^_^ SMP Amanatul Ummah Pacet.

 

Saya yang ndak pake kerja di luar aja banyak capek dan mengeluhnya. Apalagi bunda-bunda yang bekerja diluar. Hadeeeeh pasti lebih capek.

Kembali ke pembahasan awal ya bun. Jadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang tertera di KTP. Seharusnya ada gaji ya bun,..hehe Eh nafkah sama gaji sama apa beda ya ??? (Ngarep.com).

Rutinitas yang luar biasa banyak dan berulang-ulang ini tidak jarang membuat saya bosan. Bagaimana tidak, setiap hari ya itu-itu aja, lagi dan lagi. Pernah tuh ngerasain yang namanya “Baby blues”. Penyakit yang ga tau lah kenapa bisa begitu. Kadang marah-marah tanpa sebab. Tidak mau gendong anak. Tiba-tiba menangis. Ndak jelas lah.

Ternyata, hal semacam ini dapat diatasi. Menjadi ibu rumah tangga pun harus cerdas dan berkomunitas. Tidak harus jadi sosialita yang selalu update sih hehe. Yang penting komunitasnya berkualitas.

Kenapa sih ibu rumah tangga butuh komunitas ? ini alasan saya.

  1. Menghilangkan rasa bosan..Seperti yang saya kemukakan di atas bahwa rutinitas ibu ruumah tangga pasti akan berulang-ulang. Tak jarang semua itu menghadirkan rasa bosan yang luar biasa. Adanya komunitas bisa memberikan agenda-agenda yang bisa mengusir rasa bosan. Mulai dari agenda yang penting dan tidak penting.

    makan bareng sama teman-teman seru juga kan ^_^

    makan bareng sama teman-teman seru juga kan ^_^

  1. Memiliki tempat dan teman untuk saling berbagi.Berbagi disini luas ya bun. Asal jangan berbagi privasi aja hehe. Terkadang ada masalah anak yang tidak kita pahami. Sudah ubek-ubek Google juga belum nemu jawaban. Eh ternyata bundanya kak Izan punya solusi. Posting di grup ah, “Bunda-bunda kenapa ya kakak Qays ndak mau ngerjain week pro nya, biar mau lagi gimana ya?”. Pasti deh cengkrang-cengkring hihi dapet deh solusinya.

    ini bunda-bunda grade 1

    ini bunda-bunda grade 1

  1. Biar Ndak Kuper (Kurang Pergaulan).Banyak nya teman dan pergaulan yang berkualitas akan memberikan banyak informasi yang bermanfaat. Dimana ada diskon gede-gedean (eh salah ya hihi). Ndak melulu itu ya bun. Intinya setiap teman akan memiliki banyak penngalaman yang berbeda-beda. Dari apa yang mereka ceritakan ke kita, biasanya akan menambah perbendaharaan kita tentang suatu hal. Misal nih,..nyariin tempat les buat anak. Yang bagus dimana ya ? atau spa kecantikan untuk bundanya yang oke dimana ya hihi. Sudah ga jaman ya bun kurang pergaulan.

    Ibu Ana yang mengenalkan saya tentang buku-buku berkualitas untuk anak-anak ^_^

    Ibu Ana yang mengenalkan saya tentang buku-buku berkualitas untuk anak-anak ^_^

  1. Dengan adanya komunitas, kita tidak merasa sendirian dan kesepian. Merasa banyak yang care dan sayang sama kita itu menyenangkan lo bun. True story,..ketika mama saya meninggal. Teman-teman banyak sekali yang memberikan semangat. Rasanya kuat banget. Ternyata teman-teman ku ada perhatian. Dan terkadang teman menjadi penguat ketika galau melanda. Misalnya ketika ada serangan dari mantan pacar hahaha
  2. Menjadi lebih pintar dengan komunitas. Ini hal yang paling penting. Adanya komunitas harus membuat kita semakin pintar. Jangan memilih komintas yang hanya memberikan dampak negatif. Seperti komunitas yang hanya membicarakan kejelekan orang. Ada kah ? ya adalah, ndak usah sebut merk ya. Atau komunitas yangn malah membuat kita semakin berlebihan. Lebih boros, lebih sering ngomongin orang dan lain-lain.

    Masuk komunitas Internet Marketer pilihan yang bagus hihi

    Masuk komunitas Internet Marketer pilihan yang bagus hihi

Komunitas yang bisa dibentuk beragam ya bun. Arisan menjadi bentuk komunitas yang paling di gandrungi. Kekinian gt kata anak alay sekarang hihi. Dan jangan lupa ya bun,…minta ijin dulu sama suami sebelum bergabung dengan komunitas yang bunda pilih. Selamat berkomunitas ya bun ^_^.

posted under Umum | No Comments »
« Older EntriesNewer Entries »