Lara Asih Mulya

Akibat Sering Tidur di Kelas

Maret8

“NGANTUK ITU TAKDIR,…TIDUR ITU PILIHAN !!!” begitulah tulisan dalam sebuah kaos warna putih kepunyaan suami saya. Allah memberi rasa kantuk bukan tanpa sebab. Salah satunya supaya fisik dan psikis kita istirahat. Ngantuk ketika pelajaran dimulai,…takdirnya memang begitu, tapi pilihan untuk tidur di kelas bisa dipertimbangkan to ? Penyebab siswa tidur di kelas sangat beragam. Apalagi jika mata pelajaran di jam-jam terakhir sangat membosankan. Ada sebagian pengajar yang sengaja membiarkan siswanya tetap tidur ketika pelajaran berlangsung. Entah karena iba atau sekadar membuat jera siswanya. Paling sering dijumpai adalah di kelas-kelas akhir (kelas VI,IX, dan XII). Selain banyak ujian, mereka juga diberikan bimbingan belajar di sekolah plus di LBB (jika ikut lho 🙂 ). Lalu,…adakah akibat terlalu sering tidur di dalam kelas ? jelas ada dong !!!

1. Ketinggalan Kereta. Ibarat pelajaran itu kereta apai yang saling berhubungan antara gerbong satu dan lainnya. Pelajaran juga begitu. Tentu saja antara bab I dan seterusnya akan selalu berhubungan. Jika dalam proses pembelajaran sering ditinggal tidur, banyak materi yang akan terlewat. Kalau sudah begini, pinjam catatan teman menjadi kebiasaan, yang paling parah adalah menyontek ketika ulangan. Kalau tidak mau ketinggalan kereta,..harus selalu terjaga dong ketika guru menerangkan materi. Sesulit apapapun materi yang diterangkan,…jangan menyerah dong !.

2.Langganan ke ruang BP. Sekali atau dua kali tertidur di kelas masih bisa dimaklumi. Tapi kalau angka 1 sudah dikalikan 5, 6, atau tak hingga, gimana dong ? bisa-bisa guru bidang studinya ngadu ke BP. Di ruang BP tentunya akan banyak pertanyaan yang harus dijawab. Mulai dari kenapa sering tidur di kelas sampai ditanya kesanggupannya untuk tidak tidur di kelas ketika pelajaran dimulai. Kalau terkenal karena prestasi ok lah,..tapi terkenal sebagai tukang tidur? malu ga sih?

3. Jadi bahan ejekan teman. Kalau di sekolah punya prestasi ok sudah pasti jadi pujian. eh si Qays dah cakep keren lo main basketnya,..eh si Nada dah cantik juara kelas terus ya. Eh si Dodol jauh-jauh dari garut di kelas molor terus. Nah,..teman-teman jadinya kenal kamu karena kamu doyan tidur. Tak jarang ketika guru memanggil untuk presensi, pas nama kamu di sebut,…dodol garut,..tidur buuuuuu,..lagi bikin peta buuuu,…mau tuh kayak gitu?

sekali lagi ngantuk memang takdir,..tapi tidur itu pilihan,…:) selamat melawan kantuk di kelas ya 🙂

 

 

gambar diambil dari http://muriwandany.wordpress.com/2010/07/07/indonesia-membutuhkan-guru-profesional/

posted under Pendidikan

Email will not be published

Website example

Your Comment: