Lara Asih Mulya

Bisnis UAS (UAng Saku)

Juli26

Pernah denger ini ?

“Yaaaaah Ibu,..kok cuman 20 ribu sih,…mana cukup,…belom pulsanya,…ntar juga bayar uang kas, bla..bla..bla”. Bukannya bersyukur masih dikasih uang saku,..ini malah ngedumel aja. Jangan-jangn yang lagi baca juga pernah bilang kek gini,..hayooooo.

Bersekolah dengan keadaan siswanya serba berkecukupan kadang menciptakan suasana saling “ter”. Si Nina terkaya, uang jajannya sehari 50 ribu. Si Anton terkeren, motor yang diapake sekolah keluaran terbaru. Lalu, siapa yang akan jadi siswa tercerdas dan terkreatif ? kamu dong !!!

Masalah uang jajan dari ortu sebenarnya bukan seberapa banyak jumlahnya. Tapi seberapa bisa kalian menyikapi uang tersebut. Ibarat Bu RT neh,..uang belanja 500 ribu atau sejuta sebulan, kalo ngomong kurang ya kurang. Kalo ngomong lebih kebutuhan segudang hehe. Pernah ga nyadar, kalian yang masih bisa dapet uang jajan (uang saku) lebih beruntung dan punya banyak kesempatan untuk nabung lebih banyak dibanding Bu RT. Keberuntungan kalian adalah

>>> Adanya UAS (UAng Saku ) termasuk hari libur. Ya,..walaupun kalo libur dipotong 50% sama Ibu tetep masih dapet kan.
>>> Ga mikir anggaran makan tiap hari. Kalo normal makan 2-3 kali sehari, berhubung puber banyak kegiatan,..bisa-bisa makan sehari 5 kali hehe.
>>> Ga mikir anggaran alat tulis dll yang jadi kebutuhan sekolah. kecuali pengen alat tulis yang limeted edition, unyu-unyu atau apalah itu. Biasanya tanpa sepengetahuan ortu beli sendiri dari UAS yang udah terkumpul beberapa minggu.

Dari beberapa kelebihan itu, seharusnya uang saku 20 ribu sangat berlebih. Kalau bisa sih nambah. “kan ga kerja,..gimana bisa nambahin UAS,..lagian mana bisa sekolah sembari kerja”. Anak mami banget kan. Siapa bilang ga bisa…Nih contoh kerjaan yang bisa dikerjain anak sekolahan.

1. Berdayakan kemampuan otak. Sekarang pikir baik-baik apa kelebihan kamu dibanding anak SD kelas 1-6. Yup,…kamu pasti bisa ngerjain semua PR yang dikasih guru mereka dengan nilai 100. Nah,..gada salahnya kan jadi guru les khusus ngajarin PR . Bisa mulai dari keluarga sendiri, atau anak tetangga. Tawarkan diri dengan penuh kePDan. Dan, jangan sungkan minta upetinya hehe. Terserah mau tiap bulan ato tiap minggu. Yang penting jangan kelewat mahal ya,…:). JADI GURU LES.
2. Berdayakan keluarga lagi neh. Punya kakak? kakak kamu punya balita atau batita? tanpa Pembantu ? waaaaaah ladang duit neh,..biasanya orang yang punya balita or batita dan ga pake jasa PRT. Lebih banyak kerepotannya dari pada bisa nyantainya. Kakak kamu pasti butuh “pacaran lagi” dong sama suami atau istrinya. Kalau biasanya dititipin sama neneknya, sekarang kamu yang tawarin jasa. Eits,..ga suka rela dong,..bisnis is bisnis. Ga perduli kakak sendiri hajar bleeeeeh….hehe. Kak,..mau kencang ya,..si entong biar aku yang jaga deh,..tapi sejamnya 10rebu ya,..heheh. Sip Usaha ke dua JADI PENGASUH BALITA. Lumayan kan kalo kakak kamu keluarnya 3 jam,..dapet deh 30rebu. Toh yang dijaga ponakan sendiri.
3. Masih dalam anggota keluarga, Pernah liat kakak kamu marah-marah karena baby blues ? (wait anak saya bangun hehe). Ok sampek mana tadi ? yup,..baby blues si kakak. Cucian numpuk aja bisa jadi masalah besar. Belom lagi tumpukan baju yang belom disetrika. “Mbak,…jangan ngomel mulu’ dong. Tak cuciin mau ga 30 rebu deh sekali cuci plus setrika”. What !!! jadi tukang cuci ? ga banget deh. Ga enak di denger sih,..kita ganti usaha ini jadi BIKIN JASA LAUNDRY. Ok? ga usah malu ga nyuciin baju tetangga aja lo,…:).
4. Tau komputer, laptop dan sejenisnya kan. Bisa make sistem operasi yang ada di dalamnya kan. Apalagi MS word sering banget neh dipake sama anak sekolahan. Biasanya dipake bikin tugas sekolah yang kudu di ketik dengan spasi 1,5 hehe. Ternyata masih banyak siswa yang males banget ngetik tugas, padahal fasilitas ada. Nah,..manfaatin neh. JASA PENGETIKAN KOMPUTER. Ga punya komputer ? Berdayakan fasilitas temen yang punya komputer atau laptop tapi males ngetik. So…ke kamu cuma bayar jasa ketiknya doang. Warnet bisa jadi tujuan lo kalo emang ga punya komputer atau laptop.

Nah,..ini beberapa contoh kerjaan yang bisa nambah UAS kamu. Syaratnya gampang,..mau memulai, ga gengsi, dan selalu happy. Masih mau jadi yang terkeren ? jangan cuma nodong ortu ya. Selamat mencoba 🙂

posted under Pendidikan

Email will not be published

Website example

Your Comment: