Lara Asih Mulya

Gadget VS Gengsi

Juli20

Beberapa hari lalu, Admin kedatangan saudara dari kampung halaman hehe. Sempat berbincang dengan salah satu keponakan yang mulai beranjak gede. Bahasa gaulnya sih ABG. Dia berasal dari keluarga berada memang. Apapun yang dipakai jelas aja nunjukin banyaknya kocek yang kudu dirogoh. Baik pakaian, sepatu, bahkan gadget yang dibawa.

Apa sih yang ga menarik kalo udah bicara dunia remaja?. Berita Curanmor aja jadi menarik kalo yang nyuri anak remaja, alias masih dibawah umur. Sering tanya sama ABG sekarang (di Bimbel). Mending mana ? ketinggalan HP apa dompet ? hampir 90% jawab mending ketinggalan dompet. Alasannya,..kalo ketinggalan dompet ga jajan ga papa Bu,..lah kalo ketinggalan HP ga bisa eksis dong,..hehe. Lagian Bu,..kalo ketinggalan dompet, HP bisa digadein dulu ke temen, dapet duit bisa pake ongkos pulang. Lah, kalo ketinggalan dompet belom tentu bisa beli HP baru,..paling tuh dompet isinya 20 rebu Bu,…:)

Bisa aja jawabnya. Pertanya itu menunjukkan bahwa keberadaan gadget sangat penting. Tapi apakah mereka (para ABG) sudah memilih gadget sesuai kebutuhan atau keinginan ? Kembali pada keponakan si Admin. keponakannya bawa dua gadget, BB sama tablet. Dua benda yang dia punya itu sudah jelas mahal. Admin nanyak sama keponakannya yang lagaknya udah kayak GEEK itu.

Admin >>> sibuk banget ya dek, sampek bawa dua gadget ?
Ponakan >>> Ah,..biasa aja Teh,…
Admin >>> Emang BB sering dipake apaan?
Ponakan >>> Ah,..masak Teteh ga tau,…
Admin >>> Apa? BBMan? Eta’ tablet buat apa aja ?
Ponakan >>> kalo BB mah dibawa aja, lagi rusak soalna, jadi SMS, Pesbuk, sama Twitteran make tabelet Teh. kan keren gitu !

Alah mak jaaaaaaang,…muke lo jauh,…kirain sibuk banget sampek bawa dua gadget. Kalo cuma SMS, FB, sama Twitter doang mah pake N*ki* X2 dah bisa kali. (Dalam hati si Admin)

Eksis di jejaring sosial boleh-boleh aja. Tapi fasilitas yang digunakan ndak kudu berlebihan kan. Apalagi sampek mogok sekolah cuma gara-gara pengen BB atau Tablet,..Malu doooong. Ini saran aja dari Admin buat ABG yang gila Gadget.
1. Sembuhin kegilaan kamu, dengan cara injek daratan yang bener. Artinya pake otak buat mikir yang jauh lebih rasional. Ga penting gadget bagus kalo aplikasi yang dipake itu-itu aja.
2. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Inget ya gadget bagus,..harga jual emang lumayan. kalo rusak ongkosnya juga lumayan, pikirin ya….:)
3. Kalo emang Ortu dah terlanjur ngasih gadget yang bagus buat kamu. Maksimalkan apa yang bisa kamu perbuat dengan gadget itu. Syukur-syukur kalo bisa ngasilin duit sendiri hehe.

Intinya,..punya sesuatu itu jangan karena pengen keliatan keren doang,..alias JaIm alias Gengsi. So,..masih mau maksain diri buat jaga gengsi ?

posted under Pendidikan
2 Comments to

“Gadget VS Gengsi”

  1. On Desember 15th, 2012 at 3:03 am royyan Says:

    Nasehat yang sangat bermanfaat.
    Terima kasih Bunda.

  2. On Desember 16th, 2012 at 5:16 am lala Says:

    @Royyan
    alhamdulillah kalo bisa diterima 🙂
    sama2

Email will not be published

Website example

Your Comment: