Lara Asih Mulya

M O S atau M O P D B

Juli18

Tahun ajaran baru dimulai,…Semangat !. Seragam baru, tas baru, alat tulis baru, eeeemmm teman baru, sampai status juga baru. Kalau tahun ajaran kemarin masih jadi anak SD, sekarang SMP dong. Tahun ajaran Kemarin SMP sekarang SMA lah !. Tahun ajaran kemarin SMA sekarang MAHASISWA cuiy!!!!. Perkenalan dengan status dan lingkungan baru ini tidak hanya pada atribut sekolah aja yang baru. Banyak hal yang bisa dipelajari dengan sekolah dan status baru sebagai siswa. Biasanya sekolah memfasilitasi acara kenalan di tahun ajaran baru dengan sebutan MOS (Masa Orientasi Siswa).

Tak jarang kegiatan MOS disalah gunakan fungsinya olah beberapa siswa. MOS berarti ajang mengolok-olok adik kelas. Biasanya yang merasa berhak bersikap seperti itu mereka yang tergabung dalam anggota organisasi intra sekolah. Kenapa saya berkata demikian. Sejak SMP sampai Kuliah hal semacam ini saya rasakan. Tapi bukan ini yang akan saya bahas.

Kalau kamu tercatat sebagai siswa atau mahasiswa baru, dan harus menjalani MOS atau istilah sejenis yang intinya kegiatan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah baru. Perlu dipahami MOS bukanlah ajang olok-olok siswa. Dalam masa MOS yang harus kamu lakukan adalah :

  • Menata Niat. Kalau sudah klik memilih tempat belajar (kampus atau sekolah) yang sekarang jangan sekali-kali bilang nyesel udah masuk tempat itu. Hanya karena MOS yang mungkin membosankan atau menyebalkan. Bismillah tekankan dalam hati MOS akan selalu bermanfaat.
  • Disiplin. Ini kunci utama,…menjadi penghuni baru akan banyak tugas dan kesibukan. Disiplin waktu akan membantu meringankan beban kita sebagai penghuni baru. Selain disiplin waktu, tetap disiplin pada aturan sekolah yang masuk akal.
  • Lebih terbuka dan supel. Maksudnya dalam bergaul. MOS adalah masa paling tepat mencari teman yang manfaat. Kenalan dengan sesama penghuni baru akan sangat membantu. Jangan perdulikan dari kelas apa dia berasal. Semakin banyak teman semakin banyak hal yang bisa dipelajari. Asal jangan SKSD (Sok Kenal Sok Deket). Sewajarnya saja.
  • Budayakan sedikit berkata banyak bekerja dan jangan segan-segan bertanya ketika mulai tersesat. Jangan jaga jarak sama senior dan papan informasi.
  • Jangan menimbulkan masalah baru. Misalnya, senior mengharuskan penghuni baru memakai baju hijau. Pakai saja baju hijau yang kalian punya. Jangan bertanya, hijau daun atau hijau lemper ? nah,…ini namanya menimbulkan masalah baru.
  • Anggap saja semua aturan adalah kreatifitas. Contohnya yang ndak pakai kerudung harus dikepang sepuluh, pita warna biru, tas dari bago, dll.

MOS akan menyenangkan jika tujuan dan manfaatnya diambil dengan ikhlas hati. SELAMAT MENJADI PENGHUNI BARU 🙂

posted under Pendidikan
One Comment to

“M O S atau M O P D B”

  1. On Juli 17th, 2013 at 12:24 pm rizal Says:

    pantun tentang MOS

Email will not be published

Website example

Your Comment: