Lara Asih Mulya

Permainan untuk MOS

Juli12
http://belajar.indonesiamengajar.org/2013/02/belajar-berbaur-dan-bekerja-sama-dengan-permainan-tukar-kursi/

http://belajar.indonesiamengajar.org/2013/02/belajar-berbaur-dan-bekerja-sama-dengan-permainan-tukar-kursi/

Masa Orientasi siswa (MOS) menjadi topik hangat di bulan Juli ini. Selain bertepatan dengan tahun ajaran baru, bulan juli ini bertepatan dengan bulan suci ramadhan. Nah lo,..puasa-puasa kudu masuk sekolah ? MOS pula, hadeeeh pasti capek dan ga seru. MOS kan isinya ceramah tentang wawasan wiyata mandala, etika menjadi siswa, dan teori lainnya. kalau dilapangan pasti pelajarannya tentang PP dan tata upacara yang baik dan benar. Hadeeeeh pikin pening aja,panas pula.

Ndak puasa aja males apalagi pas puasa. Kecuali kalo liat ketua OSIS yang mirip bintang utama ganteng-ganteng sering gila ya hihi. Hallo para pengurusOSIS yang tenanganya ndak pernah abis, yang idenya ga pernah surut. Selama bulan ramadhan ini apa kegiatan kalian ? ooh bingung cari games ya ? mungkin yang ini bisa membantu 🙂

 

Permainan Ingat Angka, yang dibutuhkan : Cerita mengenai apapun yang didalamnya mengandung banyak angka. pilih salah satu pengurus OSIS untuk membacakan cerita tersebut di depan siswa baru.

Aturan  mainnya : pertama, siswa baru harus mendapatkan nomor urut (misalnya diambil dari no presensi yang ada). siswa baru harus mengingat-ingat nomor yang mereka punya. untuk nomor puluhan, berikan perbedaan ketika mengeja. misal nomor presensi 23 (dibaca dua puluh tiga) berarti yang punya nomor urut 23 harus angkat tangan atau berdiri. Jika nomor 23 (dibaca dua tiga ) maka yang punya nomor  urut 2 dan 3 harus angkat tangan atau berdiri. jika ada siswa yang salah angkat tangan, maka siswa tersebut harus rela memberikan hiburan untuk teman-teman yang lain. contoh :

Narator : ” Saya bangun pukul 5 pagi. (yang punya nomor presensi 5 harus segera angkat tangan atau berdiri). setiap pagi saya membantu ibu menyiapkan sarapan untuk ke 4 anggota keluarga saya. (yang punya nomor presensi 4 segera angkat tagan atau berdiri).ketika menyiapkan sarapan untuk keluarga saya, tiba-tiba ada sms dari nomor 08113536861. nah ini yang seru, semakin banyaknomor yang disebut akan semakin banyak yang tidak berkonsentrasi. minta bantuan pengurus OSIS yang lain untuk megawasi siapa yang telat atau salah angkat tangan :). cukup bisa dipahami ? silahkan teruskan atau buat sendiri ceritanya !

Bagi yang membacakan cerita mulailah dengan pembacaan yang pelan, tujuannya agar peserta MOS dapat mengikuti aturan main. setelah dirasa cukup paham baru pembacaan ceritanya di percepat. Tujuan dari permainan ini adalah melatih konsentrasi, ketelitian dalam daya dengar, dan melatih kepercayan diri. Permainan ini bisa dilakukan di dalam kelas atau di luar ruang kelas.

Tapi ingat ya,..jangan gunakan hiburan yang bersifat membuli 🙂 jika ada siswa yang salah angkat tangan.

selamat mencoba !!!

 

posted under Pendidikan

Email will not be published

Website example

Your Comment: