Tips Menjadi Siswa yang Baik

Betapa nyamannya suasana belajar jika antara guru dan siswa terjalin sebuah kesepakatan dan hubungan yang baik. Apalagi dalam setiap kegiatan belajar mengajar selalu tercipta kontrak yang dinamis. JIka siswa selalu menginginkan tipe guru yang klik di hati. Tak ada salahnya jika siswa pun mencoba menjadi siswa yang baik. Susah ? tentu mudah, caranya :

  • Siswa yang baik adalah siswa yang selalu mematuhi peraturan sekolah. Jangan sekali-kali beranggapan siswa yang keluar dari aturan sekolah walaupun hanya beberapa poin saja adalah siswa yang keren. Misalnya kalau kmu belum pernah keluar sekolah dengan menlompati pagar belakang sekolah. Kamu bukan termasuk siswa yang peka zaman.
  • Siswa yang baik selalu menghormati guru. Bagaimanapun guru tersebut, kamu jangan ikut-ikutan mengolok-olok apalagi sampai menjuluki Bapak/Ibu guru dengan sebutan kurang pantas. Misalnya karena Pak X adalah perokok, kamu menjuluki beliau dengan sebutan Pak kereta api.
  • Patuhi setiap kontrak belajar yang telah dibuat dan disepakati oleh guru bidang studi tertentu (jika ada).
  • Selesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu. Hal paling utama jangan suka menjiplak, menyontek, apalagi plagiat. Guru manapun akan benci dengan sikap seperti ini.
  • Ketika pelajaran berlangsung, jangan menduakan Guru dengan hal-hal yang kurang berguna. Misalnya, SMSan, FBan, Atau YMan.
  • Jika ingin bertanya, ajukan pertanyaan yang rasional dan relevan dengan mapel guru tersebut.
  • Selalu menyapa dan tersenyum sewajarnya jika bertemu dengan Bapak/Ibu guru. Meskipun Guru tersebut tidak mengajar kelas kamu, dengan catatan guru tersebut mengajar di sekolah kamu.
  • Disiplin. Baik itu dalam waktu, pengumpulan tugas, dll. Ini kunci paling utama.

Beberapa tips ini mudah-mudahan bisa membantu kamu menjadi siswa yang lebih baik. Selamat mengubah sikap ya,…SEMANGAT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>