Pendidikan ialah salah satu hal penting bagi manusia. Betuk pendidikan bisa secara akademik atau non akademik. Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia tercinta ini. Mulai dari Program Wajar (wajib belajar) Sembilan Tahun sampai Wajar Dua Belas Tahun. Pembagian beasiswa dalam dan luar negeri pun termasuk dalam salah satu program pemerintah.

Adanya UU tentang pendidikan memberikan garis tebal bahwa pendidikan harus dilaksanakan secara merata dan tanpa pengecualian. Sekolah negeri, sekolah swasta, bahkan sekolah luar biasa (SLB) menjadi tempat formal untuk mendapatkan pendidikan.Berbicara tentang SLB, tidak akan lepas dari keberadaan anak luar biasa (ABK). ABK ialah anak yang memiliki grafik perkembangan yang berbeda dari anak normal. Grafik tersebut bisa naik dan turun. Ada beberapa kategori ABK diantaranya Tunagrahita, Tunawicara, Tunarungu, Tunalaras, Tunanetra, Tunadaksa, Anak berkesulitan belajar, dan anak yang terlampau pintar.

Sementara ini yang akan saya bahas ialah tentang anak tunagrahita. Banyak yang berasumsi bahwa anak tunagrahita sama dengan anak idiot. Asumsi tersebut kurang tepat karena sesungguhnya anak tunagrahita terdiri atas beberapa klasifikasi. Tunagrahita ialah istilah yang digunakan untuk anak yang memiliki perkembangan intelejensi yang terlambat. Setiap klasifikasi selalu diukur dengan tingkat IQ mereka, yang terbagi menjadi tiga kelas yakni tunagrahita ringan, tunagrahita sedang dan tunagrahita berat.

1. Tunagrahita Ringan

Anak yang tergolong dalam tunagrahita ringan memiliki banyak kelebihan dan kemampuan. Mereka mampu dididikdan dilatih. Misalnya, membaca, menulis, berhitung, menjahit, memasak, bahkan berjualan. Tunagrahita ringan lebih mudah diajak berkomunikasi. Selain itu kondisi fisik mereka tidak begitu mencolok. Mereka mampu berlindung dari bahaya apapun. Karena itu anak tunagrahita ringan tidak memerlukan pengawasan ekstra.

2. Tunagrahita Sedang

Tidak jauh berbeda dengan anak tunagrahita ringan. Anak tunagrahita sedang pun mampu diajak berkomunikasi. Namun, kelemahannya mereka tidak begitu mahir dalam menulis, membaca, dan berhitung. Tetapi, ketika ditanya siapa nama dan alamat rumahnya akan dengan jelas dijawab. Mereka dapat bekerja di lapangan namun dengan sedikit pengawasan. Begitu pula dengan perlindungan diri dari bahaya. Sedikit perhatian dan pengawasan dibutuhkan untuk perkembangan mental dan sosial anak tunagrahita sedang.

3. Tunagrahita Berat

Anak tunagrahita berat disebut juga idiot. karena dalam kegiatan sehari-hari mereka membutuhkan pengawasan, perhatian, bahkan pelayanan yang maksimal. Mereka tidak dapat mengurus dirinya sendiri apalagi berlindung dair bahaya. Asumsi anak tunagrahita sama dengan anak Idiot tepat digunakan jika anak tunagrahita yang dimaksud tergolong dalam tungrahita berat.

Melalui sedikit penjelasan tentang anak tunagrahita, semoga pembaca yang masih menganggap semua anak tunagrahita itu anak idiot dan tidak memiliki kemampuan apa-apa tidak lagi berpikiran semacam itu. Setelah mengetahui hal ini pula kiranya dapat disosialisasikan kepada siapa saja yang masih belum tahu.

Anak luar biasa hanya sdikit berbeda dari anak normal. Namun sesungguhnya dibalik “keluarbiasaannya” mereka benar-benar luar biasa. Kepercayaan ialah hal yang sangat dibutuhkan dan menjadi bagian yang sangat berharga. Jangan pernah memandang sebelah mata akan apa yang hanya terlihat dari luarnya saja :)



24 Responses to “Tunagrahita Tidak Selalu Idiot”

  1. nda Says:



    tolong dunk kasi tw list buku yg berkaitan dg anak tuna grhita…

  2. vandy Says:



    thanks ya pengetahuan nya………………………

  3. lala Says:
  4. Klasifikasi Anak Tunagrahita Says:



    [...] tentang anak tunagrahita selalu dikaitkan bahwa anak tunagrahita adalah idiot. Seolah-olah tak ada istilah lain untuk menyebut anak tunagrahita yang terdiri atas beberapa [...]

  5. Ninik Says:



    Pusat Terapi dan Tumbuh Kembang Anak Rumah Sahabat Yogyakarta melayani deteksi dini dengan psikolog, terapi autism, terlambat bicara, ADHD, Down syndrom, dan lain-lain dengan terapi terpadu, speech terapi, sensori integrasi, terapi perilaku, fisioterapi, layanan home visit, pendampingan ke sekolah umum. untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi Rumah sahabat di Perum Gambiran C 2 UH V, Jl Perintis Kemerdekaan Yogyakarta phone 0274 8267882

  6. lala Says:



    @Ninik
    Waaaaah terima kasih infonya,…sangat berguna :) banyak yang tanya nih,…nuhun nuhun

  7. iim Says:



    ass,,,aku mintag pendapat anda dunkkk
    kira2 mainan apa y,,,,yang bisa meningkatkan tingkat intelegensi anak tuna grahita,,,dan sesuatu alat yang bisa meningkatkan kognitif ATG

  8. lala Says:



    @Iim
    monggo ke tunagrahita.com

  9. Bandi Says:



    Ibu tolong info SLB dan Asrama yang baik dan lengkap untuk kasus anak saya ukuran idiot sedang. Perlu diketahui anak saya selain downsindrome juga pernah operasi katarak pada usia 4 bulan.

    Thanks sharingnya :
    Bandi SAroso
    021-9272 9265
    http://www.theeasyleaning.com
    Kursus Bahasa Inggris dan Matematika Online

  10. lala Says:



    @Pak Bandi
    insyaallah,..begitu ada saya informasikan,…kalau saya pribadi tahunya yang di daerah malang pak,…:)

  11. Indah Says:



    Alhamdulillah … pengalaman saya mendidik anak sulung saya yang terkena retardasi mental ringan (tunagrahita ringan), dia sudah cukup mandiri, bahkan di usia dia yang tergolong dini (pada usia 7 tahun). Memasuki usia 11 tahun, di kelas inklusi, dia masih bisa berkompetisi dengan siswa normal.

  12. lala Says:



    @Ibu Indah

    Alhamdulillah,…semangat bu :)
    Bagi2 cerita yuk :)

  13. eka ambara Says:



    trima kasih atas infonya yg menarik.sy puny adik perempuan dia cantik dan pernah menjadi model oerwakilan di sekolahnya dan juara satu,kekurangan dia adalah cum ngomongnya tidah fasyeh bukan berarti gagap ya.sy bingung cita cita pingin jadi model,apakan ada temen2 yg mengetahui dimana atau bagaimana untuk menyekolahkanya atau menyalurkan bakat atau cita citanya.makasih banyak.

  14. lala Says:



    @Eka

    klo soal bicaranya dilatih saja terus,…sering diajak ngobrol,..untuk cita-citanya,..bisa didaftarkan di sekolah model,…:)

  15. uti Says:



    ini sumber nya dari buku apa ya?tolong info nya,buat bahan tugas akhir..mkasih bnyk..

  16. cory Says:



    salut deh bwt yg udh mnjbr kn tntng ank tunagrahita in , makasih un\telah mempermudah tugas kampus sya :)

  17. danny Says:



    Ibu, bapa, om, tante, nama saya danny, saya mahasiswa akhi di universitas persada indonesia/YAI jakarta fak.komunikasi.
    Begini saya mau ambil skripsi tentang anak tuna grahita, saya benar2 tidak tahu grahita itu apa makanya saya tertarik untuk angkat ini topik, kira2 ada ngga dari ibu, bapa, omn tante yg bisa memberikan refrensi buku buat skripsi saya, sekalian saya perlu sharing, ini nomer tlp saya 08561019580, dan ini pin  saya 23BCFF8A, saya sangat mengharapkan bantuan nya dari ibu, bapa, om, tante, dan yg punya blog ini, oya rumah saya di bekasi utara.

  18. wieq Says:



    adik saya 19 th jga tuna grahita,sekarng sdh kelas 3 SMA. Kira – kira setelah lulus lebih baik disekolahkan dimana ya? mnt srnnya dunk..thnx

  19. santoso Says:



    anak teman saya umur 17tahun tunagrahita laki2. kemarin sabtu 1Sept jam 3sore ngamuk ibunya dijambak & ditendangi sampai teriak2 ibunya sehingga tetangga & 2satpam datang tahan anak itu. ibu ini seorang diri umur 55tahun di JKT Selatan, suaminya kerja di Balikpapan. rencana anak ini mau dititipkan di asrama di JKT supaya kami teman2nya bisa lihat juga kondisinya , karena anak ini sudah sering tonjok/tendang ibunya & sudah membahayakan. kemarin sampai kirim SOS ke group bbm kami.
    kalau ada info asrama senin-sabtu & sabtu-minggu supaya bisa tetap bisa tengok orangtuanya di rumah.
    tolong info ke email saya: ehs.termitenator@yahoo.co.id atau SMS ke 0853 12347123 terimaksih. Santoso

  20. yohanes kuncoro wibawanto Says:



    nuwun sewu cara mencari pekerjakan yang kusus untuk peyandang disebelitas pendaftaranya di mana supaya boten penganguran yen gadah gawean aku takut jikalau tak dapat kerjakan jadi gembel jikalau sudah hidup mandiri tanpa keterjantungan wali ortu setelah skb wali guru honoler inklusif agar kelak kemudian hari tanpa menyesal jikalau usetaraf sekolah rakyat,sd,playgrup,tk,dan smk jikalau find dhet job sukses tanpa jadi glandangan setelah jadi wonten perkerjakan tanpa menyesal jikaula impian tercapai citanya.

  21. yohanes kuncoro wibawanto Says:



    ninisial nicnames ykw jikalau lulus mau kerja mana ya dahulu ku umum normal riwayat hidup sakit melulu dianulir di slb,plb,ypab,ypac,and then trasmigerasi anak cacat salah sawijini mboten minder paman setiadi juga sama bulik martini kakak ipar iwuk probeleme senasip sepenasip sepenangungan diskeriminasi dalam aip probelema dalam suatu lingkup keluarga boten mindernya seperti itu ada tungalnya cari kerjakan sempoyongan ujian genetik dadi mau bagai mana ladi terima nasip/koderat/takdir/takbir terima apa adanya jln.kiayi ahmad dalan nomer 4 kabupaten semarang lhgan smp masehi psak ungaran 94 persen naik kelas 6 persen tidak naik kelas mekaten ku umbar agar lindungi konamham jejaring sosial yang perhatian pada kami. memahami,menjiwai,meresapi,dan mengilhami setaraf menghargai supaya antidont,serum,septik.dan penawarnya.

  22. anisa Says:



    salam kenal. saya mahasiswa salah satu universitas di jakarta timur. saya mendapat tugas mencari sekolah luar biasa untuk observasi anak tunalaras. mohon info nya jika ada yang tahu alamat SLB di jakarta untuk tunalaras .

  23. Astri Says:



    Saya orang batak. jika orangtua saya ada hubungan satu darah atau disebut pasangan kandung apakah cenderung anaknya idiot? Mohon beri solusinya..

  24. yunidar dewi Says:



    Trm ksh ats tulisannya yg sgt membantu sy dlm bersemangat lg, utk tetap optimis mngurusi putri sy yg tergolong sulit belajar

Leave a Reply


pengertian asumsi menurut para ahli, pengertian kemampuan akademik, pengertian akademik dan non akademik, Cara mengatasi anak tunagrahita, grahita ringan, pengertian non akademik, pengertian anak idiot, pengertian asumsi menurut ahli, arti tuna daksa dan tuna grahita, pengertian solusi menurut para ahli, ciri ciri anak tunagrahita, arti akademik dan non akademik, definisi kemampuan belajar, penanganan anak tuna grahita, macam macam tunanetra, yhs-fullyhosted_003, makalah tentang anak idiot, tuna grahita dan tuna daksa, pengertian prestasi non akademik, arti grahita ringan, pengertian non akademis, asumsi menurut para ahli, pengertian tidak mampu, perbedaan idiot dan tuna grahita, cara mendidik anak tunadaksa