Lara Asih Mulya

4 Hal yang Harus Disiapkan Ketika Operasi Caesar Menjadi Piliha.

November27

Ayah dan bunda tentu akan mempersiapkan hal terbaik untuk kelahiran anaknya. Mulai dari pemeriksaan rutin hingga asupan gizinya. Kelahiran yang diidamkan tentu kelahiran secara normal. Namun, jika Allah memberikan kondisi yang berbeda, dan harus dilakukan operasi. Maka, dijani dan berdoa semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar.

Ada banyak kasus yang mengharuskan Bunda melahirkan secara caesar. kecuali menginginkan bayinya lahir dengan tanggal lahir cantik lho Bun, hal ini bukan kasus. Kasus yang dimaksud adalah sebuah kondisi yang membahayakan janin dan Bundanya jika memaksa normal.

Jika bunda harus melakukan Caesar, ada beberapa hal yang harus disiapkan, yakni :

peralatan bayi1. Kesiapan mental, jangan merasa takut. Bunda, Ruang operasi memang penuh dengan alat-alat medis yang bentuk dan ukurannya terasa asing. bahkan terkesan menakutkan. Tapi bunda tenang saja, di ruang operasi bunda akan ditemani banyak tim medis. Dan ada satu suster yang mengajak bunda ngobrol. Mungkin tugas nya memang itu Bun :). Bunda hanya dibius separuh badan, jadi bunda tidak perlu khawatir. Selama proses operasi bunda akan tetap terjaga.

2. Peralatan bayi. Tentunya bunda dan ayah sudah cukup paham dengan apa yang dimaksud peralatan bayi. Mulai dari baju, popok, medong, selimut, kaos kaki tangan, gurita, minyak telon dll. Saran saya bawa peralatan bayi agak banyak, Minimal 3 stel. Mengapa ? karena Bunda dan si kecil akan berada di  RS dalam waktu yang agak lama (Minimal 3 hari). Kalau ayah harus bolak-balik mengambil ke  rumah kan kasian. 🙂

3. Peralatan Bunda. Peralatan bunda meliputi beberapa baju bersih, pembersih wajah (kosmetik) karena pasca melahirkan harus tetap cantik ya bun :). Kemudian siapkan beberapa diaper  dewasa. Mengapa ? karena bunda tidak bisa menggunakan pembalut biasa. Karena ketika bunda ingin ke kamar kecil, terkadang tidak bisa tertahan. Bunda harus jalan perlahan sembari menahan sakit. Ada nya diaper sangat membantu. untuk sementara gurita/korset/kendit punya bunda jangan dibawa dulu ya. Pilih baju yang berkancing depan dan berlengan longgar. Bunda nanti akan menyusui si kecil, sehingga butuh baju yang ramah dengan BUSUI. Lengan baju yang longgar akan memudahkan botol infus keluar masuk jika bunda akan berganti pakaian.

4. Satu teman (harus perempuan). Yang dimaksud teman disini adalah ketika bunda akan pulang dari RS. Harus ada Satu teman lagi selain ayah. Bisa ibu atau ibu mertua atau siapapun yang dipercaya untuk menggendong si kecil. Mengapa, karena luka operasi masih belum pulih benar. Bunda belum bisa menggendong si kecil dengan baik. Selama perjalanan pulang, ikhlaskan si kecil digendong yang lain dulu ya bun. Kalau ayah yang gendong pasti rempong hehe takut katanya. MAsih terlalu kecil.

Keempat hal ini adalah persiaapan secara umum. Tentunya masih banyak persiapan yang bisa dilakukan untuk menyambut kelahiran si buah hati dan kesiapan bunda dalam mejalankan operasinya. Semangat ya bun :), untuk ayah selalu jadi suami siaga ya yah :).

Semoga bermanfaat !!!

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: