Lara Asih Mulya

6 Tempat supaya Tepat Waktu

November6

“Disiplin Waktu” rasanya mudah untuk menuliskannya. Semudah saya menekan huruf-huruf di keyboard. Penerapannya ? pasti bisa dilakukan hanya saja sedikit sulit dan perlu pembiasaan. Disiplin waktu tidak hanya milik pekerja kantoran, ibu rumah tangga seperti saya harus lho,..supaya semuanya terkendali. Tidak ada yang terlambat. Benda yang dapat membantu untuk menerapkan disiplin waktu adalah jam. Banyak macamnya, jam dinding, jam tangan, hingga aplikasi jam di HP.

Dimanakah jam harus diletakan supaya selalu ingat waktu ?

  1. Kamar tidur. Setiap kamar tidur wajib mempunyai jam dinding. Akan lebih baik jika dilengkapi alarm. Ketika tubuh terlalu capek, kadang kala susah untuk melepas nikmatnya tidur di ranjang. Kamar tidur anak-anak pun harus di lengkapi jam. Ketika membangunkan mereka,”Kak,…bangun,..sudah jam 6,.nanti terlambat”. Supaya mereka percaya maka letakkan jam ditempat yang mudah dilihat.
  2. Ruang tamu. Siapa sih yang tidak senang jika ada teman berkunjung kerumah. Apalagi jika sudah lama tidak bersua. Tapi,..bunda harus ingat agenda hari ini apa saja. Jangan sampai terlalu fasik ngobrol bunda malah terlambat jemput kakak di sekolah. Ketika ada jam di ruang tamu, bisa membatasi berapa lama kita bisa menerima tamu. “Wah,..sudah jam 12, saya harus jemput kak Qays di sekolah jeng,”. Kalau tamunya paham ya pasti pamit bun hihi.
  3. Ruang keluarga/TV. Kebiasaan anak saya tiap pagi adalah nonton kartun. Jadi bisa dipastikan pakai seragam dan sarapan pasti sembari nonton tv. Kalau sudah begitu kak Qays sedikit lamban. Tinggal tunjuk jam berapa pasti langsung bergegas.
  4. Kamar mandi. Ketika penat dan lelah salah satu cara menghilangkannya adalah dengan mandi. Kalau sudah mandi kadang tidak sadar menghabiskan 15-20 menit. Untuk kamar mandi pasang jam kecil yang agak tinggi supaya tidak kena air. Pagi hari adalah waktu yang singkat,..so,jangan kelamaan ya bun mandinya.
  5. Di tangan. Jam tangan sangat membantu ketika sedang berkendara. Bunda tidak perlu mengeluarkan HP saat berkendara hanya untuk melihat waktu. Kalau bunda pakai mobil pasang saja jam kecil di dalam mobil. Kalau pakai motor, jam tangan paling efektif.
  6. Depan teras rumah. Ini ladang amal sih bun Heze. Kadang,..kalau sudah berkendara, lupa ndak pakai jam tangan, malas keluarin HP. Saya suka celingukan lihat pintu rumah orang yang terbuka. Barangkali ada jam terpasang dan terbaca dari jalan raya Hehe. Tapi jaraaaaaang banget. Ketemunya nanti di masjid atau badai desa.

Ok bunda,..jangan terlambat lagi ya,..kan sudah banyak jam yang terpasang di rumah.

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: