Lara Asih Mulya

Arti Tanda Centang di WhatsApp

November16

Pesan adalah sebuah pemberitahuan yang dikirimkan dari satu orang untuk orang lain. Pesan dapat berupa tulisan atau lisan. Penyampaian pesan semakin berkembang. Dulu, penyampaian pesan membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan biaya yang sangat mahal. Karena itu pesan dibuat sesingkat-singkatnya, yang terpenting penerima pesan memahami isi dari apa yang disampaikan oleh pengirim pesan.

WhatsApp

Aplikasi Perpesanan

Aplikasi perpesan saat ini beragam. Salah satu contohnya adalah WhatsApp yang lebih populer dengan panggilan WA.  Pemegang ponsel pintar mayoritas menyertakan aplikasi ini di ponselnya. Cukup menggunakan nomor telepon yang kita miliki sebagai ID, kita sudah bisa terhubung dengan beberapa teman yang juga menggunakan aplikasi ini. Selama teman tersebut berada di daftar kontak ponsel kita. Berkomunikasi dengan menggunakan perpesanan online semacam ini jelas lebih menghemat biaya dan lebih leluasa. Cukup menggunakan koneksi internet yang jelas berbeda dengan pulsa telepon biasa.

Baru-baru ini, banyak teman yang bertanya, “Eh, WA kamu aneh ga sih, kok sekarang centangnya ada warna birunya nya? Artinya apa sih ? apa WA ku kudu di upgrade ya? “.  Bagi yang belum tahu, semoga tulisan ini dapat menjawab kegalauan kalian atas centang biru di WA ya :). Ada beberapa jenis centang di Whats App, yakni :

1. Satu centang. Berarti pesan yang kita kirim kepada teman sudah diterima Server atau pusat data.

2. Dua centang. Berarti pesan yang kita kirim sudah diterima di HP teman, namun belum dibaca.

3. Dua centang dan berubah menjadi warna biru.  Berarti pesan yang kita kirimkan kepada teman, sudah dibaca.

 

Fenomena ini hampir mirip dengan cara kerja BBM. Kalau hanya ada kotak dengan satu centang, pesan kita baru diterima oleh server. Jika berubah menjadi kotak berwarna biru dengan tulisan D di dalamnya, berarti sudah di terima oleh HP teman kita. Dan jika kotak biru tersebut berubah menjadi warna hijau. Didalamnya ada huruf R berarti pesan kita sudah dibaca oleh teman.

Jadi jangan khawatir HP kamu yang rusak ya, atau WA nya yang harus di uograde. Jika perpesanan yang kamu kirim via WhatsApp sudah tercentang dua dan berubah menjadi warna biru, maka semua pesan kamu tersampaikan dengan baik. Bakal lebih seru tuh kalau bisa ganti-ganti warna. Biar yang ga suka warna biru bisa mengubah warna sesuka hati hehe.

Semoga bermanfaat 🙂

 

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: