Lara Asih Mulya

Etika Bertemu Kawan Lama

Juli17
http://banitoyyibmanyaran.blogspot.com/2011/08/sekilas-mengenai-silaturrahmi-halal.html

http://banitoyyibmanyaran.blogspot.com/2011/08/sekilas-mengenai-silaturrahmi-halal.html

Suatu hari di sebuah pusat perbelanjaan, Lala bertemu dengan teman lamanya. Ya,..sebut saja dia Lalu hihi. Lala terlebih dulu meberada di tempat itu. Sembari menunggu suaminya selesai memarkir motor. Lala menunggu di depan ntoko jam, sembari melihat-lihat barangkali ada yang minat. Selang kemudian, ada yang menyapanya.

Si Lalu : ” Eh,..Lala ya ? bener lala kan ? ”

Si Lala : ” Eh Lalu, kamu disini juga ? apa kabar ? ”

Si Lalu : ” Ya ampuuuun, panggling aku, lah kamu tambah gendut sih, dulu pas sekolah kan ga segendut ini “.

Si Lala : ” (Mulai bete nih).”sendirian aja ?”

Si Lalu : “oh ndak kok, suamiku masih parkir mobil, tuh yang item itu lo”.

Si Lala : ” mobil item banyak kali non.”

Si Lalu : “Ah kamu bisa aja, perasaan kamu makin item ya ?”

Si Lala : ” @!$%$^@&%7%$#^&*(*65328,”

Pernah ndak ketemu temen lama yang tadinya bikin kamu seneng banget, eeeh lama-lama ngobrol bikin males. Kalau kamu SMART stop ya ngelakuin hal seperti yang di atas. Ada beberapa hal yang sering dilupakan oleh teman-teman lama kita. Percakapan diatas banyak menjadi alasan teman-teman lama kita males ikutan REUNI ANGKATAN. Hayooo angkat tangan siapa yang pernah ngerasain ini ? sebel banget pasti, rasanya tuh temen yang cuma komentar jelek dari kita pengen di UNFRIEND aja ya !!!  apa ? sudah !!! ya wes lah  lupain aja toh yang ngomong cuma si masa “Lalu” !!

Teman, tahukah kamu ada beberapa etika jika ketemu teman lama ? supaya tidak menyakiti teman kita ? Yuk sama-sama belajar menghargai teman kita, siapapun, dan bagaimanapun keadaannya, baik dimasa lalu maupun masa sekarang.Ada beberapa etika bertemu teman lama yang disarankan : 

1.UCAPKAN SALAM. memberi salam ketika bertemu dengan kawan lama,ibarat membuka sebuah doa dengan bacaan yang baik dan menyenangkan. jika teman kita sesama muslim, ucapkan saja Assalamualaikum, kemudian di lanjutkan dengan beberapa pertanyaan yang menyenangkan. Misalnya Apa kabar kamu ? sehat kah ? dan seterusnya. Berikan pelukan dan ciuman setelah berjabat tangan. Eits,..yang bukan mahram jangan dong !!!

2. MEMUJI. Pujian yang dilontarkan kepada teman lama akan membuat yang bersangkutan merasa selalu diingat oleh kita. misalnya, ” Ya Allah,..ndak nyangka lo aku bisa ketemu lagi sama kembangnya sekolah ,.gimana? pasti u8dah nikah ya, ndak mungkin lah cewek secantik kamu belum nikah.” kalimat ini lekbih enak kanj dibanding,..” Ya allah p[anggling aku, kamu tambah gendut sih.” jika memang teman kita itu semakin gemuk, ubah juga kalimatnya, ” panggling aku, waaah sudah ayem ya 🙂 “.

3. HINDARI PEMBAHASAN FISIK. Manusia itu pasti berubah, misalnya tinggi badan, berat badan, warna kulit, dan lain-lain. Biasanya yang banyak menonjolkan perubahan adalah teman-temanyang sudah menikah. Dan yang p[aling sig0nifikan memang pada berat vbadan. Ada yang dulunya kurus, setelah menikah menjadi gemuk. Ada yang dulunya hitam menjadi putih. Tidak usah heran, dan tidak usah di bahas. kalau teman kita perempuan dan bawa baby. pasti wajar  kalau  sedikit bertambah BB nya. kalau ada teman kita yang dulunya berkulit gelap dan sekarang berseri-seri, berpikir positif aja, ” Alhamdulillah temenku mungkin sudah banyak uang, jadi bisa merawat diri di salon atau spa, jadi cantik dia.” Dan seterusnya :). Beda cerita kalau ditanya kabarnya gimana ? teman kita jawbnya ,” ya gini ini, makin gemuk aku semenjak punya anak hehe”.

4. TANYAKAN BANYAK HAL TENTANG PRIBADINYA. Jika bertemu teman lama dalam waktu yang cukup luang, sebisanya jangan menceritakan diri kita terlalu banyak. Kasih umpan balik supaya teman kita nyaman ngobrol sama kita.Misalnya, menanyakan bagaimana kehidupan umum dia yang sekarang. Sudah menikah belum ? istrinya berapa ? eh jangan kalo yang ini hihi . Yang penting pertanyaan yang masih bersifat umum dan bisa di ceritakan jawabannya.

5. SALING BERTUKAR KONTAK.  setelah bertegur sapa, tentunya akan ada masanya semua perbincangan berakhir. Namanya teman lama ndak bisa di tebak lo. Kadang, no HP ganti, E-Mail sudah ndak aktif, FB belum bikin dan lain-lain. BArang kali suatu hari akan ada perlu dengan teman lama kita itu. MInimal tanya no HP. Semua pasti punya lah.

6. BERPISAH DENGAN DOA. Akhiri perjumpaan kita dengan saling mendoakan. ” Ya sudah, monggo kalau mau belanja, saya juga mau lanjut nih, semoga sukses ya. kapan-kapan nyambung lagi.” begini saja sudah cukup kok. jangan lupa salam ya 🙂

 

ok teman-teman lama ku yang tersayang, selamat bertemu kembali dengan etika yang lebih baik 🙂

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: