Lara Asih Mulya

Kaki Anda Bau ? Cobain Yuk 10 Tips Menghilangkannya ^_^

Oktober9

Berbicara tentang kaki, alangkah bahagianya memiliki kaki yang sempurna dan sehat. Sepatu dan sandal yang beragam di pasaran begitu memanjakan kaki-kaki kita. Selain melindungi, alas kaki memberikan kesan indah dan sedap dipandang. Banyak juga yang memperindah kaki dengan cat kuku, beragam warna yang bisa dipadupadankan dengan busana, akan semakin menumbuhkan rasa percaya diri ketika melangkah. Berasa cantik begitu ^_^

Pernah kejadian ndak ? perempuan cantik dengan dandanan yang adu hai, pas lepas sepatu atau kaos kaki ternyata mengeluarkan aroma yang khas. Wiiiih bau kaki. Atau sebaliknya, laki-laki ganteng, pakai setelan kemeja, berdasi, sepatunya kece, begitu mau wudhu, bau kakinya kemana-mana. Aduuuuuh bikin males kan ? ya pasti lah !. Apalagi, kebanyakan yang memiliki masalah ini tidak merasa sebagai sumber masalah. Iya kan ?

kaki

Sebenarnya, masalah ini sepele, namun jadi serius karena berhasil mengganggu orang-orang di sekitar kita. Karena sudah jadi masalah, yuk cari solusinya. Sebelumnya, cari tahu penyebabnya dulu ya ^_^.

Masalah bau kaki disebabkan oleh dua faktor yakni Bromhidrosis dan Hiperhidrosis. Kelompok bakteri yanng ada di dalam tubuh disebut Bromhidrosis. Sedangkan produksi keringat yang berlebih adalah hiperhidrosis. Kedua maslah ini sangat berpengaruh pada pola hidup kita. Pola hidup bersih tentu akan meminimalisir masalah bau kaki. Namun sebaliknya, jika kita termasuk yang kurang memperhatikan kebersihan, jangan salahkan sepatunya ya kalau punya bau kaki.

Ada beberapa solusi untuk mencegah sekaligus menghilangkan bau kaki, mau coba ? monggo ^_^

1. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Tidak ada salahnya kok sering-sering mencuci kaki dan alas kaki kita. Yang suka menggunakan kaos kaki seperti saya, sebaiknya mengganti kaos kaki setiap hari ya. Beli selusin lebih murah lo hehe. Hindari menggunakan kaos kaki yang sama untuk beberapa hari. Walaupun kelihatannya kaos kaki kita masih bersih, kita tidak akan tau berapa banyak bakteri dan keringat yang sudah di serap dan menempel di kaos kaki kan ? Sebaiknya jangan pelit kaos kaki ya ^_^. Perhatikan kebersihan sandal atau sepatu kita. Minimal sering di jemur dibawah terik matahari.

2. Gunakan sabun anti bakteri ketika mencuci kaki. Dipsaran sudah banyak kan aneka sabun bakteri yang direkomendasikan. Saran saya beli sabun antibakterinya yang kemasan cair ya, supaya mudah dibawa kemana-mana. Dan bisa siap digunakan tanpa repot. Misalnya, ketika mampir sholat di masjid, sebelum berwudhu kita bisa mencuci kaki kita menggunakan sabun antibakteri tersebut. Kemudian bilas dengan air bersih hingga benar-benar bebas dari sisa sabun.

3. Setelah mencuci kaki. Pastikan kaki kita dalam keadaan kering sebelum menggunakan kaos kaki dan alas kaki kembali. Selalu sediakan handuk kecil ya ketika bepergian ^_^. Karena kaki yang basah akan membuat kaos kaki kita basah juga, dari kaos kaki yang basah tersebut akan memicu tercampurnya bakteri dengan keringat. Sehingga menimbulkan bau tak sedap. Dengan kata lain, selalu jaga kekeringan kaki kita dan hindari menggunakan kaos kaki yang tidak kering.

4. Merendam kaki dalam air hangat yang diberi sedikit garam atau perasan jeruk lemon. Cara ini cukup sederhana, hanya perlu dilakukan 2-3 hari sekali sebelum istirahat malam. Selain membuat kaki kita rileks, cara ini bisa menjaga kelembaban kaki.

5. Menghilangkan bau kaki dengan kopi. Aroma kopi dapat menyerap bau dengan sempurna. Bahkan bau-bauan yang sangat menyengat sekali pun. Baluri kaki dengan bubuk kopi setiap malam, setelah beraktifitas. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Jika mau, bisa gunakan lulur beraroma kopi yang ada dipasaran. Simpan lulur di lemari es, sensasi dinginnya akan membuat kita nyaman lo ^_^.

6. Selain kopi dan rendaman air lemon dan garam. Teh bisa membantu kita menghilangkan bau kaki lo. Caranya hampir sama dengan menggunakan air lemon.

7. Gunakan Deodorant dan bedak. Selain berfungsi menghilangkan bau badan. Deodorant dan bedak bisa menghilangkan bau kaki. Untuk deodorant cukup oleskan disekitar telak kaki saja. Kemudian angin-anginkan supaya kering. Untuk bedak bisa di taburkan secara merata kesemua bagian kaki. Pastikan kaki dalam keadaan kering ya.

8. Selalu memotong kuku secara teratur. Kuku kaki yang panjang akan memudahkan kotoran dan debu masuk ke sela kanan kiri kuku kaki. JIka kotoran hitam itu menumpuk dan bercampur bakteri bisa menimbulkan luka dan menimbulkan bau ta sedap.

9. Pergi ke SPA dan lakukan perawatan khusus kaki. Ini cara yang cukup memakan waktu dan uang hehe. Karena itu lakukan 2 minggu sekali aja ya. Tentunya para terapis lebih paham kondisi kaki dan kulit kita. Sehingga bisa menggunakan obat-obatan yang tepat.

10. Terapi ikan gararufa. Sudah pernah lihat pastinya, Aksi ikan kecil-kecil dengan jumlah banyak yang doyan banget makan sel kulit mati pada kaki kita. Di mall-mal sudah banyak ya, 15 menit cukup bayar 15 ribu saja. Tidak ada salah nya lo mencoba terapi yang satu ini. pembersihan sel kulit mati akan membuat kulit kaki kita lebih sehat. Kalau sehat jelas ndak bau kaki kan ^_^

 

Bau kaki adalah hal yang serius. Bagi anda yang tidak memiliki bau kaki, tetap jaga kebersihan dan kesehatan kaki ya. Jangan lupa alas kakinya juga. Bagi anda yang sedang mengalami masalah ini, yuk di coba salah satu tips nya ^_^ semoga cepat teratasi ya. Krisis pede itu ndak enak lo. ^_^ tetap semangat yaaaaaa !!!.

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: