Lara Asih Mulya

Liburan Murah dan Nyaman dengan Kereta Api Jenggala.

Maret11

Beberapa waktu lalu dapat rekomendasi liburan yang murah dan asik banget dari Ibu Rifa Umike. Kebetulan beliau Guru matematika saya semasa SMA. Saya lihat-lihat albumnya di FB ketika beliau melakukan perjalanan dengan sebuah kereta api. Waaah naik kereta,…kok beda ya keretanya? sepertinya belum pernah naik tuh….Tanya Ahhh 🙂
Ternyata, beliau sekeluarga liburan ke Sidoarjo menggunakan kereta api Jenggala.

Ini dia nih KA jenggala,..yang punya dua lokomotif,..depan dan belakang :)

Ini dia nih KA jenggala,..yang punya dua lokomotif,..depan dan belakang 🙂

Ini dia Si Jenggala. Kereta api rel diesel yang melayani rute Mojokerto-Tarik-Tulangan_Sidoarjo. Pulang pergi selama 6 kali. Meskipun terbilang kereta ekonomi dengan tarif yang sangat murah. Kereta ini sangat nyaman. Kondisi fisiknya masih sangat bagus, AC pada tiap gerbong penumpang berfungsi dengan baik.  Begitu pula dengan kondisi toiletnya. Terus baca ya,..masih banyak nih yang mau ditunjukkan tentang asiknya naik KA jenggala :).

IMG_0854

Ini jadwal keberangkatan KA jenggala dari Mojokerto ke sidoarjo.pukul (05.20)-(0745)-(10.20)-(13.50)-(16.35)-(1950). Kalau dari Sidoarjo ke mojokerto pukul (06.30)-(09.05)-(11.45)-(15.20)-(1740)-(20.55). Monggo,..disesuaikan dengan waktu luangnya ya :). Kalau saya dan anak-anak lebih senang berangkat yang pukul 07.45. Cukup membayar Rp.4000,00 per orang kita dapat menaiki kereta jenggala ini sampai Sidoarjo.  Pembelian tiket KA jenggala tidak sama dengan tiket kereta yang lainnya. KA jenggala tidak memerlukan form pemesanan tiket. Tiket KA jenggala dapat dipesan hari itu juga. Dengan kurun waktu minimal 3 jam sebelum keberangkatan. Enak kan,..bisa naik kapan saja.

Jangan khawatir tidak kebagian tempat duduk ya,…kalau naik KA jenggalanya bukan di hari minggu atau tanggal merah lainnya. Insyaallah tempat duduknya masih kebagian. Oya,…selama perjalanan tidak ada pedagang asongan yang jualan. Sebaiknya membawa bekal secukupnya dari rumah untuk menemani perjalanan. Jangan lupa,..sampah makanannya dibuang di tempat sampah yang telah disediakan ya :). Supaya kereta yang bersih ini tetap terjaga kebersihannya.

Kenapa ? ada yang pengen pipis,…oh tenang saja. Toiletnya rekomended banget. Bersih, dan tidak bau lho. Ndak percaya,…liat aja fotonya.

 

Nah ini,..bagian dari fasilitas di dalam tiolet KA jenggala,...

Nah ini,..bagian dari fasilitas di dalam tiolet KA jenggala,…

Tuh,..bersih kan,...dijamin ndak bau,...

Tuh,..bersih kan,…dijamin ndak bau,…

Jangan lupa dikunci ya,..supaya aman :)

Jangan lupa dikunci ya,..supaya aman 🙂

Banyak rombingan dari kelompok belajar yang beramai-ramai menaiki kereta ini. Berisik ? ya pasti lah,..namanya juga kumpulan bocah-bocah yang seneng banget naik kereta :). Dinikmati saja,..sembari mengingat masa kecil dengan lagu-lagu khas taman kanak-kanak. Sesampainya di sidoarjo banyak tempat yang bisa dikunjungi,..salah satunya Pusat perbelanjaan Ramayana.

Dari stasiun bisa naik becak atau angkot,..kalau mau ke ramayana.

Dari stasiun bisa naik becak atau angkot,..kalau mau ke ramayana.

Biasanya kalau angkot tarifnya Rp.3000,00 bisa sampai Ramayana, kalau naik becak Rp.10.000,00. lebih seru naik becak,..lebih santai, dan bisa ngobrol sama pak becaknya,..sembari menggali informasi tentang sidoarjo 🙂

Nah,..ini nih Ramayana Sidoarjo :)

Nah,..ini nih Ramayana Sidoarjo 🙂

Sembari menunggu jadwal kereta berikutnya. Bisa menunggu disini, Ibu-ibu sih biasanya cari diskonan baju,..barangkali yang seratus ribu dapat 4 baju masih ada :). Tapi jangan keasyikan lo Bun,..anaknya diperhatikan juga ya. Buat anak-anak ada play ground di lantai 3. Aneka makanan mulai dari yang harganya merakyat sampai meroket juga ada lo.

Kak Qays sama Dek Abit dapat teman baru di KA jenggala,..namanya Raihan :)

Kak Qays sama Dek Abit dapat teman baru di KA jenggala,..namanya Raihan 🙂

Gimana ? tertarik untuk mencoba ? hayuk lah,…saran saya,..supaya tidak mengecewakan :

1. jangan memilih hari minggu atau tanggal merah lainnya. Karena peminat KA ini akan meningkat 100% hehehe.

2. Tibalah di stasiun 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

3. Bawa bekal secukupnya saja ya,..jangan berlebihan. Kalau rempong sama barang bawaan kan ga seru tuh. Di kawasan stasiun harga makanan dan minumannya masih rasional kok.

selamat mencoba yaaaaa 🙂

 

 

 

 

 

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: