Lara Asih Mulya

Mengapa Memilih TPA ?

September14

Pendapat miring mengenai anak yang dititipkan terkadang memancing emosi setiap ibu yang melakukan hal tersebut. Belum tentu yang bersangkutan paham atas apa yang dialami oleh seorang ibu yang menitipkan anaknya di TPA. Ada banyak alasan mengapa seorang Ibu memilih TPA sebagai tempat penitipan untuk anak mereka. Beberapa alasan tersebut tentunya tidak semua diterima oleh Ibu lain begitu saja. Namun, jika kita melihat :

1. Ibu berperan ganda (ikut bekerja).
Ketika seorang Ibu harus membantu kewajiban ayah mencari nasfkah, maka segala sesuatu yang menyangkut keluarga terutama anak harus rela terbagi-bagi. Baik waktu maupun kasih sayang. Demi mencukupi segala kebutuhan keluarga, sang ibu dan ayah memilih TPA untuk menjaga anakknya selama waktu bekerja.Sepulang bekerja mereka masih punya banyak waktu, minimal untuk mengajak si kecil berbaik dan komunikasi.

2. Melanjutkan Jenjang Pendidikan.
Sebuah pepatah berkata, tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina. Tak jarang banyak individu yang melanjutkan jejang pendidikan mereka uuntuk mendapatkan ilmu yang lebih matang. Tentunya gelar yang lebih tinggi pula. Misalnya, Jenjanng S-1 yang sudah dirampungkan, ingin dilanjutkan lagi ke S-2 bahkan sampai S-3. Tentunya tidak mudah mengatur waktu, menjadi seorang Istri, Ibu, dan Mahasiswa. Apalagi kampus yang dituju jauh dari kota asal. Keinginan untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi sama kuatnya dengan tak mau berpisah dengan buah hati. Sekalil lagi TPA bisa menjadi solusi. Selama jam kuliah si kecil bisa berada di TPA. ketika usai bisa bersama lagi.

3. Kebutuhan Sosial Anak.
Layaknya orang dewasa. Anak-anak pun membutuhkan lingkungan sosial yang dapat membantu perkembangan mereka. Jika lingkungan tempat tinggal kita berada di sebuah perumahan yang pada umumnya sepi, jarang berjumpa tetangga, bahkan sifat saling acuh. Bisa saja si kecil kita ajak untuk bermain di dalam rumah, dengan beragam mainan yang ia punya. Atau mengajak jalan-jalan ke luar seperti ke taman atau mall. Namun, akan lebih baik jika si kecil bermain dan bergaul dengan teman sebayanya. Alasan inilah yang menjadikan TPA sebagai tempat untuk mencarikan si kecil teman bermain. Karena di TPA tidak hanya satu anak saja yang dititipkan. Biasanya satu TPA mengasuh 5-7 anak. Dengan begitu si kecil bisa mendapatkan teman yang sepadan, yang tentunya berprngaruh positif pada perkembangannya.

Beberapa Latar belakang tersebut yang menjadikan TPA sebuah alternatif. Bagi ibu yang bekerja, tetap bisa berkarir dan memberikan kasih sayang. Pendidikan yang diimpikan tetap tercapai, tanpa harus berpisah jauh dengan si buah hati. Begitu pula dengan kebutuhan sosial buah hati kita.

posted under Tak Berkategori

Email will not be published

Website example

Your Comment: