Lara Asih Mulya

Resep Bekal Sekolah Anak yang Sehat, Unik, dan Mudah ^_

Juli21

Berawal dari cerita kak Qays sepulang sekolah. “ Bunda,..umi Mitha tadi lo, lihatin bekal teman-teman semua. Bekal kakak juga. Umi bilang yang bawa bekal ci**to sama po*M*e besok ga boleh bawa lagi. Itu ndak sehat. Kakak besok bawakan bekal sehat ya Bun”.

Akhirnya,…kakak paham juga. Terkadang nasehat guru lebih bisa diterima anak-anak dibanding bundanya yang bilang hehe. Oke deh bukan masalah buat saya mah. Dari sini mulai googling resep-resep bekal anak. Dari sini juga saya mulai mengoleksi buku-buku tentang membuat bento ^_^.

Kalau cuma googling dan beli buku resep semua pasti bisa ya Bun. Praktik nya mau apa ndak nih ? hehehe. Pasti bisa ya bun, mudah kok. Coba yang ini deh ^_^

Sebelum membuat bekal, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan kakak. Untuk besok bekal apa yang kakak inginkan. Ini bisa menghindari penolakan dari kakak. Kemudian tulis di Note book bunda sebagai koleksi menu. jangan lupa di foto juga ya bun. Kali aja di posting di sosmed kayak saya hihi.

Menu kali ini saya beri nama “Bekal Tahu Qays”.

kakak ndak nyangka kalau tahu yang biasa kotak atau dadu bisa beribah bentuk jadi namanya ^_^

kakak ndak nyangka kalau tahu yang biasa kotak atau dadu bisa beribah bentuk jadi namanya ^_^

Bahan yang diperlukan :

  1. nasi putih (sesuai porsi kakak).
  2. Sup (wortel, jagung, jamur kuping) atau bisa diisi sayuran kesukaan kakak.
  3. Bakso daging.
  4. Mayonaise
  5. Buah kegemaran kakak.

Alat yang dibutuhkan :

  1. kotak makan. (2 buah, untuk nasi dan buah).kotak-bento
  2. cetakan kue bentuk hati. beli di toko-toko gerabah banyak bun. carrefour juga ada. cetakan bentuk hati
  3. Mangkuk pemisah nasi dan sayur.
  4. Plastik wrap. Di toko plastik pasti ada. plastik wrap
  5. Cetakan cookis bentuk alfabet. (beli di carrefour atau tokopedia banyak kok bun). karena jumlahnya banyak, bunda bisa ajak mommy lain buat join. supaya cetakan yang lain ndak ngangur. kalau saya sih yang kepake cuma huruf Q-A-Y-S dan A-B-I-T.cetakan cookis

 

Cara Membuat :

  1. siapkan kotak makan kakak. Jika kakak mau, gunakan selada untuk alas nya. Karena sudah ada sayur, saya tidak gunakan selada lagi. Untuk kotak buah tidak perlu digunakan alas.
  2. Nasi putih yang sudah masak, di cetak menggunakan cetakan hati. Supaya tidak lengket. Sebelum digunakan celupkan cetakan pada air. Letakkan nasi hati pada piring terpisah, supaya tidak mengering bisa ditutup dengan plastik wrap.
  3. Letakkan tempat sayur pada kotak nasi kakak. Beli langsung sepaket ada kok bun. Karena berkuah, supaya tidak tumpah. Bunda bisa gunakan plastik wrap. Jika ada bisa gunakan mangkuk kecil yang menggunakan tutup. Ini jauh lebih aman.
  4. Untuk membuat “tahu Qays” sama seperti membuat tahu goreng biasa. Potong tahu sedikit tebal. Memotongnya harus di pas kan dengan ukuran cetakan alfabet nya. Tahu yang sudah di potong sesuai ukuran di rendam dalam air yang sudah dicampur bawang putih dan garam. Supaya tidak pecah saat di cetak, lumuri tahu dengan tepung. Bagian ini harus telaten ya bun, supaya nama kakak tercetak dengan sempurna. Kemudian di goreng.
  5. Tahu yang sudah digoreng, olesi dengan mayonaise. Kalau kakak suka kecap, boleh diganti kok bun ^_^.
  6. Untuk baksonya, saya jadikan satu dengan sup, hanya saja bentuknya dibiarkan utuh. Supaya bisa ditata di sela-sela nasi. Jagung pada sup sengaja saya pipil. Ini memudahkan kakak ketika memakannya. Maklum bun, terbatas waktu.
  7. Untuk buahnya, kak qays lebih suka apel, pepaya, dan mangga. Kadang saya potong dadu besar. Kadang di cetak juga pakai pop art. Hehe terus di tusuk seperti sate.cetakan buah

Gimana bunda ? mudah kan ?

Usahakan jangan mengemas makanan yang masih panas ya bun, supaya tidak basi dan berair. Oya,…kalau bunda sibuk,…masak nasi dan sup nya bisa malam hari. Pagi hari tinggal diangetin aja. Tahunya juga boleh kok di cetak pas malam hari. Masukin kulkas, pagi-pagi tinggal goreng deh,….SELAMAT MENCOBA YA BUN ^_^

Seneng lo bun, kalau buka tas sekolah nya. Terus nemuin kotak bekal yang isinya habis dimakan ^_^.

 

 

 

posted under Umum

Email will not be published

Website example

Your Comment: