Penyebab Siswa Tidur di Kelas

March18

Ketika proses belajar mengajar berlangsung, terkadang kita jumpai ada saja siswa yang suka tidur di kelas. Waktu yang paling banyak adalah pagi pada jam pelajaran pertama, dan jam pelajaran terakhir. Lonjakan jumlah siswa yang tidur di kelas akan terjadi ketika bimbingan belajar sekolah (kelas fullday) berlangsung.

Siapakah yang salah ? tak ada yang salah menurut saya,..:) kira-kira penyebab siswa tidur di kelas apa ya ? Pengalaman saya, saat mengajar pasti ada saja anak yang tidur di kelas. Alasan mereka tentu beragam.

1. Begadang Bu. Ini alasan yang paling umum dilontarkan anak-anak. Ketika ditanya kenapa harus begadang. Tugas kimia buwanyaaaak e bu,…tugas melukis ndak kelar-kelar e bu,…dll. Pokoknya begadangnya karena sibuk mengerjakan mata pelajaran lain.
2. Semalem bantu Keluarga yang,…..pindah rumah, nikahan, sunatan, dll. pokoknya berhubungan dengan hajatan keluarga. Tak ada hajatan keluarga , hajatan tetanggapun jadi 🙂
3. Merasa jenuh di kelas. Entah jenuh dengan mapel dan gurunya atau jenuh dengan  masalah dan keseharian mereka sendiri sebagai siswa.
4. Tak menyukai sang guru. Hal ini wajar terjadi, karena perbedaan visi dan misi antara murid dan guru. Karena rasa kurang suka tersebut, siswa lebih memilih untuk tidur saja lah,…
5. Bekerja. Ada beberapa siswa yang memang harus membantu keuangan keluarga. Tentunya mereka harus bekerja. Pekerjaan yang memungkinkan adalah di luar jam sekolah, yakni sore sampai malam. Biasanya jaga warnet, jaga rental PS, bahkan menjadi pramuniaga paruh waktu.

Nah,..kalau sudah seperti ini biasanya harus ada solusi untuk mengatasi rasa kantuk di kelas. Bukan hanya siswa yang harus sadar, tapi guru pun harus membantu supaya tak ada lagi siswa yang tidur di kelas dengan alasan apa pun. 🙂

posted under Pendidikan

Email will not be published

Website example

Your Comment: