Ngobrol di Kelas,…???

February24

Mengajar sekian banyak siswa di kelas tnetunya tidak mudah. Bapak dan ibu pasti mendapati beragam sifat dan perilaku aneh dari anak didik. Ketika pelajaran dimulai, ada  saja ulah siswa yang membuat bapak-ibu geram, sebel, bahkan tertawa dibuatnya. Ada sebagian siswa yang suka menggambar ketika pelajaran dimualai, ada yang suka main-main dengan alat tulis mereka, ada yang suka nulis-nulis ndak jelas. bahkan yang paling menguras energi adalah siswa yang doyan tidur dan ngobrol ketika pelajaran di mulai.

beragam cara sudah dicoba mengatasi siswa yang hobi ngobrol di kelas. hasilnya ngobrol lagi ngobrol lagi. yuk,..kita kumpulin beberapa solusi supaya siswa yang suka ngobrol di kelas minimal mengurangi kebiasaan dia.

1. PDKT yuk. lakukan pendekatan secara personal dengan si anak. tanya dengan baik kira-kira kenapa sih dia suka sekali ngobrol di kelas. selain pada si anak yang bersangkutan. tanya juga teman sebangkunya yang biasanya jadi korban hobi ngobrolnya itu. gunakan rumus 5W+1H untuk menggali info selengkap-lengkapnya. kenapa suka sekali ngobrol saat pelajaran berlangsung.

2. Gunakan sistem acak pada tempat duduknya. jika posisi tempat duduk tiap hari berpindah-pindah si anak yang hobi ngobrol beradap tasi dengan teman barunya. mungkin saja dia sudah nyaman ngobrol dengan si aldo, eh besok pindah sama si rani. Nah,..apakah masih mau ngobrol?

3. Beri perhatian lebih. mungkin saja anak yang hobi ngobrol itu butuh perhatian lebih dari kita. coba pindah posisi bangkunya tepat di depan kita. dan ketika menerangkan materi usahakan kita lebih sering mendekatinya.

4. jika kondisi kelas memungkinkan. ubah denah bangku menjadi huruf U dengan posisi kita berada di tengah. Posisi seperti ini memberikan perhatian menyeluruh kepada siswa. posisi seperti ini pun tidak membelakangi siswa. sehingga siswa tidak punya kesempatan ngobrol dibelakang kita.

 

siswa banyak tingkah tentunya ada sebab. mungkin yang diminta perhatian. atau sekedar sapaan dari kita. 🙂 semoga bermanfaat

posted under Pendidikan

Email will not be published

Website example

Your Comment: