Lara Asih Mulya

Jauh jauh ya bad mood, biar bisa nulis terus..! :)
Browsing Umum

7 Asisten Ibu Rumah Tangga

February23

Ibu rumah tangga,..profesi yang begitu mulia namun tak semua perempuan mau menjalaninya. Ketika menjadi ibu rumah tangga dianggap menjadi beben, walaaaaah percaya deh sama saya ndak bakal tuntas tuh kerjaan. Tapi,..kalau jadi ibu rumah tangga dibawa seru,..waaaah asik juga lo Bund ! 🙂

Pas nongkrong sama tetangga yang sama nganngurnya dengan saya,ada aja topik yang kami bahas. Mulai dari masakan, sekolah anak, sampai perabot rumah tanggga yang ampuh banget ngilangin babayblues hihi. Alhasil ada  7 asisten rumah tangga yang sangat dibutuhin ibu-ibu modern macam kami. 7 asisten yang terpilih adalah Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Suami Idaman

July19

Bismillahirrahmanirrahim.
Semoga menjadi keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah…..
Ini adalah doa yang tiap orang ucapkan pada pengantin baru ketika berkunjung. Sesuatu yang baru tentunya masih nampak bagus, indah, dan selallu dijaga. Sama halnya dengan sebuah rumah tangga. Rumah tangga dengan konflik adalah wajar. Karena terbangun dari dua pribadi yang berbeda. Pemikiran, Ide, hingga prinsip hidup harus bisa saling beriringan. Jika konflik itu datang, solusilah yang harus dicari, bukan perdebatan (waduh kayak konsultan pernikahan aja neh hehe).

Kebutuhan rumah tangga jelas beda jauh dengan kebutuhan seorang bujang. Apalagi ada anak yang semakin memberikan pengalaman lebih. Jika sebelumnya tak ada si kecil bertengkar bisa sampai tiga hari. Karena si kecil bertengkar hanya beberapa jam saja. Si kecil pula yang memberikan semangat untuk terus bekerja (maksud saya Ayah). Bahkan merelakan bekerja di luar kota hanya untuk kebahagiaannya dan keluarga.

kebanyakan kepala keluarga yang bekerja di luar kota tidak bisa pulang setiap saat. Minimal seminggu sekali baru bisa pulang. Anggap saja tak ada lembur akhir pekan :P. Senin sampai jumat di tempat kerja, kadang ada yang senin sampai sabtu. Tentunya berat meninggalkan kebersamaan dengan anak istri di rumah. Rasa rindu kadang mengganggu konsentrasi (cieee rindu). Supaya tetap merasa dekat dengan keluarga selama hari kerja, monggo dicoba beberapa kebiasaan keluarga saya hehe

Ayahnya anak-anak, di kantor dari senin sampai jumat. Dulu sih kerjanya di rumah aja. Selama jaringan internet on kerjaan aman. Suami benar-benar menepati janjinya sebelum menikah. Yakni bisa tetap membantu saya mengatasi pekerjaan rumah tangga sembari dia bekerja. Alhamdulillah kami dikaruniai dua jagoan yang sehat. Suami selalu membuat kami dekat meskipun sedang berjauhan.

1. Menjaga komunikasi.
komunikasi menjadi kunci utama menjaga keutuhan sebuah keluarga. Era sekarang bukanlah hal sulit untuk tetap lancar berkomunikasi. Adanya HP membuat pesan singkat begitu cepat samapai. Internet memberikan kemudahan yang beragam (YM, FB,) dapat menjadi alternatif untuk tetap berkomunikasi. Jika kurang lega, bisa langsung telepon :). Cukup kan utuk mengobati kangen ?
2. Berkirim Foto.
Foto keluarga dapat memberikan semangat tersendiri ketika jenuh dengan rutinitas kantor. Sebaliknya dengan si istri yang tentunya lelah dengan urusan rumah tangga. Berkirim foto melaui MMS atau e-mail boleh di coba lo….:)
3. Membawa oleh-oleh ketika pulang.
Ketika datang kerumah, usahakan suami membawa oleh-oleh. Tak perlu yang mahal. Cukup sesuatu yang menjadi kegemaran anak dan istri. (sebentar anak saya bangun,…saya lanjutkan nanti :P). Lanjut lagi hehe,…kalau suami saya sering bawa makanan kesukaan….hehe…ingat ya ndak kudu mahal kok untuk nyenengin keluarga.
4. Selalu mengajak kami jalan-jalan walau dekat dan sebentar.
Sabtu dan minggu adalah dua hari paling berharga buat kami sekeluarga. Biasanya kami tawarkan pada Qays anak kami,..kalo dedeknya mah ngikut aja hehe. Qays biasanya minta ke alun-alun kota naik kereta-keretaan mini sembari beli pentol. Minggu pagi agenda Qays motoran ke sawah dilanjutkan beli robot-robotan ke pasar. kalau tinggal di kota besar mungkin bisa berkunjung ke taman-taman kota.
5. Pelukan dan Ciuman.
Selain komunikasi secara lisan dan virtual. Sentuhan fisik adalah salah satu cara mengungkapkan perasaan. ketika si ayah pulang dengan oleh-oleh dan langsung memeluk serta mencium anak istrinya tentunya sangat menyenangkan. Senyuman dan keceriaan pasti menjadi hiasan. Begitu pula ketika si ayah harus kembali keluar kota. Selalu berikan pelukan dan ciuman pada anak istri sebagai ucapan pamit.

Semoga setiap ayah yang ikhlas mencari nafkah untuk keluarga dilindungi dalam tiap langkahnya oleh Allah. Tiap ibu yang menjaga amanah suami diberikan keikhlasan selalu. Dan tiap anak yang dimiliki menjadi anak sholeh/sholihah…amin.

posted under Umum | 4 Comments »

Ketika Rumah Penuh Konflik

March17

Sebuah keluarga terbentuk atas beberapa anggota. Jika awal pernikahan, masih terdiri dari suami dan istri, lain hal jika sudah ada buah hati. Anak menjadi jembatan akan beberapa hal. Misalnya, mencegah pertengkaran yang berlarut-larut. Memiliki anak merupakan hal penting bagi kebanyakan pasangan.

Selanjutnya, sang pengantin baru dipanggil ayah dan ibu. Tentunya setelah adanya anak. Pendidikan anak menjadi hal penting dalam pembentukan masa depan mereka. Seyogyanya sebagai orang tua, mampu memberikan suasana rumah yang hangat, kondusif, dan minim konflik. Beberapa murid saya sering bercerita melalui SMS, FB, bahkan sebuah surat. Banyak yang mengeluhkan, rumah mereka tak nyaman dijadikan tempat belajar. Jangankan untuk belajar, untuk istirahat saja rasanya malas berlama-lama di rumah.

Hasilnya,..anak yang sudah mengerti segala hal yang terjadi mengalami perubahan yang kurang positif. Bahkan, orang tua mereka tak sadar bahwa anak mereka sudah tumbuh menjadi remaja yang matang. Konflik yang biasanya dikeluhkan adalah seringnya orang tua mereka bertengkar. Entah karena hal serius atau hal sepele yang mengakar. Selebihnya, masalah lain seperti, orang tua yang terlalu sibuk, rumah yang sepi, dan anggota keluarga yang cuek.

Konflik terbesar adalah, pertengkaran orang tua. Ketika orang tua bertengkar, sebaiknya tidak di depan anak-anak mereka. Terkadang bahasa orang tua lebih rumit dipahami. Cara mereka menyelesaikan masalahpun sedikit rumit. Padahal, masalah mereka sebenarnya simpel. Dampak pertengkaran orang tua terhadap anak bermacam-macam. Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Belanja With Batita

March11

Sebagian orang berpendapat jadi ibu rumah tangga biasa itu ndak keren. Hoho,..kalau menurut saya sih keren abis,..hihi. KTP (Kartu Tanda Penduduk) menobatkan bahwa ibu rumah tangga adalah jenis pekerjaan. Wow,..kalau jenis pekerjaan berarti kudu digaji dong…yang gaji siapa ya,…suami dong hoho,…

Kalau dilingkungan saya,..bu RT ini ndak pake pembantu lo. Nyuci sendiri, masak sendiri, strika sendiri, ngurus anak sendiri, semua serba sendiri. Padahal kalau dilihat, mampu kok sewa tenaga pembantu RT. katanya, “Eman,..mending masuk kantong, buat perawatan rambut, muka, dll. itung-itung bikin suami betah di rumah hihi”.

Seabrek tugas rumah tangga ternyata bisa lo dilakukan sendiri. Dibilang payah, ya iya lah,…tapi terbayar pas gaji alias nafkah dateng pas awal bulan. Tentunya ndak pake dicicil dong hihi. Saya pun belajar dari mereka semenjak pindah ke desa. Dulu mah, pas di Surabaya enak,..masih bisa nitipin Qays anak sulung saya di TPA. Sekarang ndak bisa,..maklum TPA belum masuk desa,..klo TPA (Taman Pendidikan Alquran mah banyak hihi).

Punya kontrakan, adanya cuma sumur. Semua kegiatan yang berhubungan sama air ya kudu nimba. Alhasil hanya bertahan 5 bulan doang bersahabat sama si timba. Nabung deh, buat beli pompa air otomatis,…siiip kerjaan lebih ringan semenjak punya pompa air. Dasar manusia, ndak puas hanya dengan pompa air otomatis. Saya sebagai ibu rumah tangga yang manja, merengek setiap kali selesai cuci baju. Ternyata ngucek itu capeeeeeeeekkkk buuuuuuuk.

Genap setahun, suami tercinta ngasih kejutan mesin cuci. walah,..makin seru aja jadi ibu RT. Thank you ayah,..hehe. Setelah semua fasilitas yang memudahkan saya itu, bukan berarti tak ada masalah. Sedikit,..eh banyak cerita aja ya bu,..masalah saya adalah ketika harus belanja kebutuhan rumah tangga. Semua kegiatan saya mau tak mau harus melibatkan Qays yang masih 3 tahun. Termasuk belanja. Bagaimana caranya supaya anak aman belanja nyaman. Ini trik saya. Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Jatuh Cinta Ala Remaja

January4

Hal yang membuat saya semangat berangkat ngajar adalah kehidupan pribadi murid-murid saya. Mereka banyak memberikan inspirasi, cerminan masalalu, higga ide baru. Entah apa yang menyebabkan mereka mau bercerita kepada saya tentang kehidupan pribadi mereka. Keluarga, persahabatan, sekolah, hingga percintaan.” Yah,…namanya juga remaja Bu,…ga oke kalo ga punya certa cinta hehe”. Begitu tutur mereka ketika mau cerita masalah hati.

Jatuh cinta itu rasa coklat, patah hati jadi broklat hehe. Dua hal yang akan saya tulis kali ini. Ketika remaja jatuh cinta, dan ketika remaja patah hati. Mendengar cerita tak akan ada habisnya. Mungkin tema, alur, dan akhirnya seragam. Yang membedakan ialah pelakunya. Kebiasaan remaja ketika jatuh cinta pun seragam.

Jatuh cinta (pacaran) Patah hati (bubaran)
  • Bikin kontrakan dengan nama “Dunia Milik Kita Berdua”. Kemana-mana berdua, rumus berita 5W+1H jawabannya juga pasti mereka hihi
  • Selalu seragam. Kalau siswa SD,SMP,SMA pakai seragam tujuannya adalah untuk menghilangkan kesenjangan diantara para murid. Kalau dua sejoli kemana-mana pakai seragam (kaos sama, helm sama, sepatu sama, bahkan HP juga sama) ini menunjukkan bahwa mereka adalah pasangan paling serasi. Cintalah yang menyelaraskan mereka. Ciiiiieee
  • Jadi serba tahu. Kalau lagi jatuh cinta nih,..mbah Google aja kalah sama doa eehhh doi. Bayangin aja, password jejaring social kamu doi pasti kudu tahu. Ngapain aja, sama siapa, dimana, jam berapapun doi pasti tahu.
  • Mendadak rajin. Jatuh cinta itu lebih besar pengaruhnya dari narkoba. Beneran ta? Byangin aja yang bisanya males masuk sekolah semenjak ada doi rajin banget. Menganggap bimbel ga penting, mendadak minta ortu daftarin bimbel. Hayo siapa yang kek gini ??? 😛
  • Jangankan bikin kontrakan. Negor aja males,…iya ga ??? kalau bias sih menghindar aja lah, ga lagi-lagi ketemu si eks.
  • Kalau udah bubaran nih,…anti banget sama barang-barang yang pernah jadi mascot pas pacaran sama si eks,…wiiiih jangan dibuang ya,…sumbangin aja sama yang butuh. Lebig berguna kan hihi
  • Semua akun jejaring social ganti baru dong,..yang lama biarlah berlalu. Keblokir juga ikhlas Lillahitaala hehe. Kadang, dibela-belain ganti nomor HP, dan ngorbani pulsa unuk biaya publikasi. Asal si eks ga tahu link kita yang sekarang.
  • Kalau dah bubaran amburaduuuuuuuuuuuul.jangankan bimbel. Masuk sekolah aja jarang,..alesannya banyak kepentingan keluarga padahal males ketemu yang dah sepeeeett hihi

Sebenarnya masih ada beberapa point lagi. Point di atas adalah tiga besar dari sekian banyak alas an klasik yang dilontarkan ketika jatuh cinta dan patah hati.

posted under Umum | No Comments »

amplop.in Indola Baru Ibu RT

September15

Masalah ibu rumah tangga selain kegemukan adalah keuangan. Mengatur keuangan sebenarnya gampang-gampang susah. Awal bulan senyum mash manis mentereng di bibir. Kalau udah deket akhir bulan bawannya marah aja. Uang pada kemana ya, kok dompet udah tipis.Mungkin aplikasi ini bisa membantu.

amplop.in adalah aplikasi yang dibuat oleh dua orang hebat (menurut saya). M.Masbuchin dan Rizky Ramadhan. Aplikasi yang menyajikan cara untuk mencatat dan memprediksi pengeluaran sesuai dengan pendapatan. Hanya tinggal memasukkan berapa jumlah pendapatn kita. Kemudian menuliskan transaksi pada tiap tanggal yang kita perlukan. Secara otomatis jumlah pendapatan kita akan berkurang.

Angka kita minus atau plus akan diketahui dengan mudah. selamat mencoba amplop.in

posted under Umum | 9 Comments »

Plagiator

September15

Ini hanya ungkapan rasa kesal dan kecewa !!!

kabarinews.com (http://kabarinews.com/article.cfm?articleID=31508) ternyata memplagiat tulisan saya yang berjudul Mitos VS Logika,…

Ndak nyangka aja,..tulisan seringan itu redaksi mereka ndak bisa bikin,…emang gampangan kopas sih,…

saya kudu hamil dulu tuh, untuk dapetin inspirasinya,…

Apa dilaporin aja ya ke Google Adsense

posted under Umum | No Comments »

Ciri-Ciri Cowok Siap Nikah

September11

Tulisan terdahulu mengenai beberapa alasan cowok ndak siap nikah. Ternyata banyak juga yang mencari kriteria cowok siap nikah. Menurut tanya jawab saya dengan makhluk berjenis kelamin laki-laki ini. Ciri-ciri cowok yang siap nikah lahir batin itu seperti ini. Read the rest of this entry »

posted under Umum | 3 Comments »

Ospek Siapa Takut !

September8

Musim Ospek, mengingatkan saya pada kejadian tujuh tahun lalu. Ketika saya masih dikatakan anak cupu, penakut, anak mami, dan lain sebagainya. Kalau Ospek belum usai maka sebutan kita sebagai lulusan putih abu-abu adalah Calon Mahasiswa atau MaBa. Sebagai MaBa segala hal akan terasa baru. Pengalaman baru, lingkungan baru, dan status baru.

Saya begitu penasaran kenapa kakak-kakak MaLa (Mahasiswa Lama) begitu “Over Acting”. Ada yang judes banget, sok kuasa, sok disiplin,dll. Bahkan ada juga MaLa yang saya sebut “Timer Berjalan”. Kemana-mana pasti liat tampang kucel yang suka bilang gini, “Semua MaBa cepat ke lapangan, saya hitung sampek sepuluh,..1…2…..3…”. Kalau telat pasti dihukum.Eits,…jangan salah ada juga lo kakak-kakak MaLa yang bisa bikin adem hati. hehehe biasanya kakak-kakak SKI (Rohis).

Rasa penasaran itu menuntun saya untuk bergabung dengan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Dari sini saya tahu kenapa kakak-kakak MaLa begitu “Over Acting”. Alasannya adalah

  • Sebagai MaLa yang lebih segala-galanya, mereka tidak ingin kelihatan NOL di hadapan adek-adek MaBa.
  • Tujuannya tulus kok, pengen mendidik mental MaBa untuk jadi “Generasi Elang” dan meninggalkan “Generasi Bebek”.
  • Ingin mencari kader-kader baru yang bisa meneruskan kepemimpinan mereka.

Namun niat tulus MaLa ini terkadang tidak bisa diterima dengan tulus oleh MaBa. Akhirnya terciptalah dendam kesumat antar Mahasiswa. Sebenarnya, kalau siap jadi MaBa berarti harus siap dengan segala risikonya. Intinya, menghadapi Ospek itu kudu percaya sama diri sendiri >>> disiplin >>> berpikiran simpel.

  • Percaya Diri >>> sebagai makhluk Tuhan yang sempurna manusia diberikan akal dan kemampuan masing-masing. Sebanyak dan Serumit apapun tugas dan kegiatan Ospek jalani dengan percaya pada kemampuan diri sendiri.
  • Disiplin >>> kata yang satu ini Susah sih, tapi bisa. Disiplin waktu, sikap, dan perkataan.
  • Berpikir Simpel >>> Ospek dkk adalah masalah bagi setiap MaBa. So,…percaya diri dengan kedisiplinan bisa menghadapi segalanya selama Ospek. Dan, jangan pernah menimbulkan masalah baru hanya karena tidak berpikir simpel. Contoh, instruksi MaLa setiap MaBa harus memakai kaos warna kuning. JAngan pernah bertanya kuning apa Kak ? kuning jeruk ? kuning gading ? atauuuuuuu ? >>> ini yang namanya ndak berpikir simpel dan menimbulkan masalah diatas masalah.

Nah,…ini gambaran sederhana tentang Ospek. Buang jauh-jauh bahwa Ospek itu menakutkan ! Selamat jadi MAHASISWA 🙂

posted under Umum | No Comments »

Contoh Puisi MOS

July13

Aku menghitung hari demi hal baru

Busana, suasana, hingga sebuah cerita

Merah ini jadi biru, dan kelak pudar abu-abu

dan inilah cerita terindah masa sekolah

Rupa-rupa jadi warna

Rupa-rupa jadi cinta

Rupa-rupa jadi cerita

Satu rasa dalam masa, masa yang kita sebut orientasi siswa

Entahlah, aku tak tau untuk apa

Yang ku tau hanya berkata IYA

IYA untuk perintah

IYA untuk satu suara

Mental jadi baja, laku jadi senjata

Malu tak lagi ada,

Dan Ilmu siap ditimba

Masa itu, yang kita sebut orientasi siswa

Ini contoh puisi sederhana untuk MOS,…monggo kalau mau di copy,…tapi wajib sebutkan sumber ya,…

JANGAN JADI PLAGIATOR,… Jelek gini juga karya asli lho !

posted under Umum | 29 Comments »
« Older EntriesNewer Entries »

Yuk Kenalan dengan Penulis