Lara Asih Mulya

Jauh jauh ya bad mood, biar bisa nulis terus..! :)

Memutuskan Menikah Muda #Hijrah Part 4

June23

Bismillah, kenangan tentang Bu Risa membuat saya semangat nulis lagi. Walau, nulis di blog pakai hp itu sesuatu banget 😁.

Susah sih, tapi bisa..!  😎

Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Hilangkan “unduh mantu” maka dana pernikahan akan hemat 5 Juta !!!!

December3

“Unduh Mantu” adalah budaya Jawa dimana keluarga mempelai pria meminta kehadiran mempelai wanita beserta keluarganya untuk datang ke rumah. Waktunya dapat disesuaikan, yang terpenting setelah acara resepsi di rumah mempelai wanita usai. Biasanya, sehari atau 2 hari setelah resepsi di rumah mempelai wanita. 

Sebagian masyarakat menyebutnya “iring-iring”. Mungkin karena datangnya beriring-iringan (membentuk barisan). Prosesi unduh mantu tak jauh beda dengan acara resepsi di rumah mempelai wanita. Masih perlukah prosesi yang sama diulang ?  Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Hindari Melakukan 5 hal ini Saat Resepsi Pernikahan

November17

Rasanya sangat menyebalkan ketika menjadi tamu undangan dari sebuah acara, namun tidak diberikan kesan yang baik dari tuan rumah. Terlebih acara tersebut adalah sebuah pesta pernikahan. Sebuah acara yang didasari rasa saling kasih dan sayang, seharusnya mampu memberikan kebahagiaan kepada tamu-tamu yang datang. Setidaknya, berikan kami senyuman, dan temani kami sejenak di meja tamu, karena kami datang dari jauh untuk melihat kebahagiaan mu dan semua keluargamu.

Pernah merasakan hal yang sama ? Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

3 Cara Mengatasi Laki-Laki yang Belum Siap Menikah

November13

“Wahai para pemuda ! Barang siapa diantara kalian berkemampuan untuk menikah, maka menikahlah ! Karena menikah itu lebih menundukkan pandangan, dan lebih membentengi farji (kemaluan). Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia shaum (puasa) karena shaum itu dapat membentengi dirinya.” (HR.Bukhori Muslim).

nikah

Pernikahan Fandi dan Dewi

Beruntung rasanya nikah muda :). Saya tidak perlu mengalami hal yang semacam ini.

Ada yang 7 tahun pacaran, akhirnya putus. Masing-masing dari mereka menikah dengan orang lain. Ada yang hubungan jarak jauh, ketika pulang ke kampung halaman ternyata tambatan hati sudah menikah dengan orang lain. Ada pula yang sudah dibawa kesana kemari, seolah takkan terpisah, akhirnya putus juga. Dan ada pula yang merasa ketakutan tidak mampu menafkahi, sehingga memilih pacaran saja, nikah belakangan. Nanti aja nikahnya kalau sudah punya mobil sendiri, rumah sendiri, dan sudah jadi GM :D. keburu tua dong !.

Jika indikasi belum siap menikah terjadi pada lelaki kalian, bisa coba tips dibawah ini :

1. Selalu berdoa dan berharap kepada Allah. Hal yang paling utama adalah meminta kepada Allah jodoh yang terbaik untuk dunia akhirat. Tidak ada salahnya meminta jodoh yang baik dari jauh-jauh hari, bahkan sebelum kita siap menikah. Selalu mendoakan jodoh kita, walaupun belum tau siapa orangnya. Jika sekarang ini sudah ada pilihan, namun belum siap menikah, lanjut ke tips berikutnya.

2. Tanyakan target besarnya setahun ke depan. laki-laki biasanya memiliki banyak misi untuk masa depan, bahkan mereka membuat list untuk itu. Dari beberapa target yang dia utarakan kita akan tahu, pernikahan berada di posisi keberapa. Atau bahkan kita akan tahu bahwa pernikahan tidak ada dalam daftarnya. Tapi jangan nyerah dulu, barangkali pernikahan ada di tahun ke dua dari target besarnya. Kalau masih bisa bertahan, lanjutkan, kalau dirasa terlalu lama sudahi saja.

3. The power of “mau dibawa kemana hubungan kita?”. pertanyaan ini pasti di pahami oleh setiap laki-laki.  Jawaban yang diharapkan perempuan adalah pernikahan. Kalau dia hanya memberikan jawaban yang mengambang, tidak ada indikasi ke pernikahan. Sudah relakan saja. Jika dia menjawab, “aku pasti akan nikahin kamu, insyaallah 2 tahun lagi, yang sabar ya”. boleh lah bersabar dulu 🙂 minimal ada harapan. Kalau sudah ada jaminan 2 tahun lagi, selalu mohon kepada Allah, semoga semua lancar.

4. Baca bukunya Ustadz Felix Siauw “UDAH PUTUSIN AJA”.  Buku ini menuntun kita semua sebagai pemuda supaya mengerti apa hakikat cinta dan pernikahan yang sesungguhnya. Secara garis besar buku ini mengajak kita memperbaiki kualitas diri dan keimanan kepada Allah, dibandingkan berganti-ganti pasangan yang belum jelas ending nya gimana.

Pada intinya, sebagai perempuan kita harus bertanya secara langsung. Tentunya dengan kalimat dan bahasa yang baik. Jika berlama-lama menunggu, akan berdampak buruk pada diri kita sendiri. Berbeda masalah jika laki-laki yang memiliki hubungan dengan kita benar-benar menginginkan kita menjadi isterinya. Namun masih terhambat karena kontrak kerja yang belum selesai atau kepentingan studi. Yang demikian masih boleh dinantikan.

NAmun, jika lelaki yang sedang bersama kita sekarang ini menolak menikah karena menunggu untuk punya ini itu. Sebaiknya ikhlaskan saja. Karena sesungguhnya pintu rejeki yang diberikan Allah sebelum dan sesudah menikah sangat berbeda.

posted under Umum | No Comments »

Ciri-Ciri Cowok Siap Nikah

September11

Tulisan terdahulu mengenai beberapa alasan cowok ndak siap nikah. Ternyata banyak juga yang mencari kriteria cowok siap nikah. Menurut tanya jawab saya dengan makhluk berjenis kelamin laki-laki ini. Ciri-ciri cowok yang siap nikah lahir batin itu seperti ini. Read the rest of this entry »

posted under Umum | 3 Comments »

10 Alasan Kenapa Cowok Gak Siap Nikah

July11

Sebagai perempuan pernah ngerasain gak enaknya nunggu keputusan yang pasti ga dari tambatan hati? Kadang-kadang pas ditanyain siap atau enggak nikah tuh cowok muteeeeeeeer aja kek kincir angin. Mending ada daya listrik yang dihasilkan kan bermanfaat. Tapi, kalo dari muternya tuh cowok cuma ngasilin ketidakjelasan bikin sebel kan? Kenapa ya cowok ga siap nikah? Padahal nikah itu kan seru heheheh (pengalaman neh).
Ada berapa alesan sih kepa cowok itu takut banget diajakin nikah. Aku coba tanya-tanya ke Suamiku soal alasan-alasan itu (sama aja kan Suamiku cowok juga hehehe). Kayak gini nih hasilnya. Ada 10 faktor kenapa cowok ga siap nikah, bisa nambah lo…heheh diantaranya:
1. Tingkat kemapanan.
Hal pertama yang bakal ditanyain sama Ortu si cewe adalah soal kerjaan ma pendapatan. Wajar lah Ortunya kan ga mau anak tercintanya itu sengsara. Cowo yang udah punya kerjaan sekalipun kadang-kadang ga pede karena belum mapan. Punya kerjaan bukan berarti udah mapan lo…

2. Takut belum bisa bahagiain ortu.
Ketakutan pada diri seseorang adalah hal yang biasa terjadi. Apalagi kalau seorang anak yang merasa banyak ngerepotin Ortu. Cara ngebales semua yang dikasi ma Ortu ya dengan cara bikin mereka bahagia dengan bentuk apapun. Takut belum bahagiain Ortu menjadi alasan yang cukup diminati oleh cowok yang belum siap nikah.
3. Belum tuntas studi.
Pernah dengar kan rencana anak-anak kuliahan yang mau cari kerjaan dulu setelah lulus sekolah. 1001 kali yang punya cita-cita nikah sambil sekolah, karena itu urusan ini dipilah-pilah dan bisa jadi alesan yang ampuh buat nolaj ajakan nikah. Sekolah ya sekolah, nikah ya nikah. Ntar aja nikahnya bis sekolah.
4. Belum yakin ma ceweknya.
Selalu berkata cinta, bukan berarti sebuah ukuran bahwa semua ungkapan mesra tersebut adalah jawaban untuk sebuah masa depan. Kadang-kadang cowok males banget ngomongin nikah karena ceweknya terlalu memaksa dan menuntut terlalu banyak tentang sebuah pernikahan. Jadinya cowok males nanggepin, ketidakyakinan pun datang dari emosional semacam ini.
5. Asumsi bahwa nikah itu butuhin banyak duit.
Tidak dipungkiri, sebuah persiapan pernikahan memang membutuhkan materi yang tidak sedikit. Perhitungannya banyak, untuk bayar penghulu, bayar gedung, beli baju pengantin dan bla bla bla. Alasan ini jurus jitu untuk ngeles soal nikah. Tapi, tahukah kalian para cowok biaya yang seabrek itu ga bakal ditanggung kalian seorang. Ada orang tua kalian ma ortu cewek kalian to? Dibagi rata lah. So,..ga usah takut.
6. Ga berani bilang ma ortu.
Ada banyak cowok yang dah yakin ma ceweknya, yakin bakal bisa ngiudupin dan nyukupin kebutuhan calon istri. Intinya yakinlah buat tanggungjawab sebelum dan sesudah nikah. Tapi, ketika mau minta restu Ortu nyalinya maju-mundur. Takut Ortu ga setuju poko’e. dalam sebuah hubungan dengan siapapun dan dalam bentuk apapun yang paling penting ialah komunikasi. Kalau ga berani bilang ma ortu soal keinginan untuk nikah secara lisan ya,…ditulis aja pake bahasa yang sopan pati dibaca kok, setelah itu pasti dipertimbangkan. Mulai deh ada pembicaraan.
7. Ada saudara yang ga boleh dilangkahin.
Pernah denger ga ada sebuah adat yang menyatakan kalau kakaknya belum nikah adiknya ga boleh nikah dulu. Sekalipun bisa harus pake pelangkah gitu deh. Biasanya berlaku untuk saudara-saudara yang cewek. Tapi jangan salah, cowok juga ada yang pake alesan itu, kasian kakaknya kalo dilangkahin ma dia. Menurut saya sih, ngomong aja ma kakak kalian masing-masing kalau setuju dilangkahin ya Alhamdulillah, kalau ga ya diomongin lagi gimana enaknya.
8. Merasa belum cukup umur.
Alesan yang satu ini kadang-kadang ga masuk akal, mau nungu sampek umur berapa sih untuk siap kawin eh nikah? 40 tahun? Ketuaan Bang hehehe. Soal umur yang penting dah baligh alias dewasa. Berarti 17 tahun pun boleh nikah kan?
9. Faktor emosional si cewek.
Buat cewek-cewek yang punya sifat suka maksain kehendak dan ga sabaran hati-hati aja. Bisa jadi cowok kamu males diajakin nikah gara-gara ceweknya yang terlalu memaksa dan minta macem-macem.
10. Merasa belum cukup berpendidikan.
Pendidikan yang diaksud di sini bukan pendidikan akademik, tapi pendidikan seksual. Banyak lo cowok yang takut ga bisa nyukupin hal satu itu. Meskipun dah belajar dari buku, pengalaman orang sampai audio visual hehehehehehe. Wajarlah ketakutan itu ada, tapi kalo dah nikah dan dilakuin lebih pinter kok dari pakar seksiologi wkwkwkwkwk.

Tulisan ini sesuai pengalaman yang udah dialami sama aku dan suami aku, buat kalian yang masih ragu nikah bakal rugi lo!. Soalnya ga serumit soal yang ada di otak kalian, atau serumit alur sinetron yang ga jelas endingnya. Yang penting komunikasi. Masih takut nikah? Kendalanya apa sih? Komentar aja ok!.

Hari Ayah,…Bagaimana Rasanya ya ???

November12

images (2)Ooohhh hari ini di peringati sebagai hari ayah nasional rupaya. Kalau tidak ada facebook mungkin saya tidak tahu.

Ah,..apa spesial nya buat saya. Mungkin kalau hari ini hari ibu saya akan banyak menulis tentang mama.

Menyesal ? tidak juga.

Ayah ya ???

eemmm berapa kali ya saya memanggil beliau dan menoleh ??? belum pernah sepertinya.

Ayah ya ???

sebetulnya saya memanggil beliau dengan sebutan apa ya ??? Ayah ? Bapak ? papa ? Abi ? atau Abah ? yang saya tau beliau ada dengan status yang diberikan masyarakat sebagai, “dia bapak mu”.

teman sebangku waktu SD, namanya Dani. sering bercerita tentang ayah nya yang luar biasa hebat. Ayah dan ibu nya bercerai. Tapi ayah nya selalu mengunjungi Dani setiap minggu. Dengan beragam cerita dan hadiah yang ia suka. Bukan salah saya kan kalau semua “Ayah” saya anggap sama ? sama hebatnya seperti ayahnya Dani.

Hanya tiga kali saya bertemu dengan beliau. Pertemuan pertama saya terlalu banyak berharap. Inginnya sih, dipeluk, digendong, dicium.  Ternyata hanya harapan saja. Beliau begitu dingin dan pasif.

Pertemuan kedua, saya sudah mengerti semua masalah yang terjadi. Saya dan alm. Mama disambut omelan istri beliau. Dan suara pecahan perabot rumah tangga. Oooh,..rupaya istri beliau tidak suka saya datang. Padahal saya tidak hendak meminta apapun. Saya hanya ingin beritahukan bahwa yang disebut anaknya ini sebentar lagi akan menikah.

Pertemuan ketiga. Beliau menjadi wali nikah. Lengkap dengan sikap nya yang masih dingin dan pasif. Saya hanya berharap kepada Allah. Semoga semua ini segera berakhir. Karena saya merasa sangat asing.

Selamat hari ayah,..mohon maaf jika tidak ada kata-kata manis untuk mu.

Maaf jika hanya kenangan-kenangan itu yang selalu kuingat sepanjang hidupku.

Maaf jika tidak ada pelukan, ciuman, atau kebanggaan dari ku terhadap mu.

Namun, keberadaan mu akan selalu ku hormati, akan selalu ku pahami.

Anak mu ini seperti perempuan yang patah hati dari cinta pertamanya. Kenapa kau ku sebut cinta pertama ? karena lelaki pertama yang di kenalkan oleh mama adalah dirimu. Mama terlalu baik membungkus kenangan tentang mu.

Tapi,..kau mematahkan hati ku dengan sikap dingin dan pasif mu itu.

Selamat hari Ayah,..semoga kenangan terindah tentang seorang ayah bisa tetap ada.

 

 

 

 

posted under Umum | No Comments »

Jadi Istri Proggammer Itu Tidak Enak !!! Tapi Ada solusinya !!!

November5

Ada yang sedang dekat dengan Programmer ? atau baru menjalani hidup dengan programmer ? coba dibaca sebentar ya. Siapa tahu bisa membantu memantapkan hati hehe.

Tidak pernah bercita-cita bahwa saya akan dinikahi oleh seorang programmer. Yang menurut saya serba kacau. Waktu itu sih begitu. Janji ketemu jam 9 pagi baru nongol jam 9 malem. Hadeeeeh. Mending dengan stelan yang cucok,..lah ini pake celana pendek, kaos oblong, sendal jepit. Ya wes,…tak suruh pulang lagi, lagian udah malem Bang,….wkwkw. kenapa saya bilang kacau. karena kebanyakan programmer tidak pernah tau kapan matahari terbit dan terbenam. Tau nya ya kode kode kode. emang nya perasaan cewe bisa di kode ?

10857784_1501147070166611_4224125344905838698_n Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Tidak Ada Suami yang Takut Istri !!! Oke Bebeeeeeeeb ^_^

October29

24suami-suami-takut-istri-ini-beberapa-penyebab-dan-dampaknyaIni Adegannya, istri menarik kuping suami sambil ngomel-ngomel ndak jelas. Dan suami hanya diam sembari bilang, “maap bebeeeeb”. Sudah tau ya yang saya maksud siapa ?

Kang komar,…kang komar,…Preman kok takut sama perempuan. Eits beneran takut atau gimana ya ? Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »

Benarkah Bunda Kerja di Rumah Selalu Merasa Bahagia dan Beruntung ? Baca 3 hal ini !!!!

September18

 

 

Nama saya Lara Asih Mulya. Lebih mudahnya panggil saja Lala. Dulu nya saya mengajar bidang studi bahasa Indonesia di beberapa bimbingan belajar. Karena saya kurang nyaman ngajar di sekolah formal. Kenapa ? ah bahas itu mah lain kali aja ya ^_^. Setelah menikah saya masih mengajar, hingga akhirnya berhenti ketika anak saya mulai bisa protes, dan tidak lagi menerima alasan, “bunda kan harus cari uang”. ^_^

Akhirnya, suami saya menganalkan cara mendapaatkan uang dari internet. Tentunya dengan melakukan hal yang saya sukai. Ketika ditanya, apa itu ? saya jawab saya suka menulis yang bisa menghasilkan uang hehe. Apa iya mungkin ? mungkin dong. Sedang ngetrend lo. Sesuai intuksi “Pokok nya kamu nulis aja ya, sehari mau posting 5 sampai 10 tulisan juga  ndak papa !”.

Oke deh,…pasti bisa. Eng ing eng apa yang terjadi sodara-sodara ? yap betul “jarang update”. Kenapa ? karena,…..banyak hal dan alasan. Dan itu semata-mata karena saya pribadi. Bukan anak saya atau pekerjaan rumah tangga saya atau bahkan suami saya. Ini intinya,… Read the rest of this entry »

posted under Umum | No Comments »
« Older Entries

Yuk Kenalan dengan Penulis